fadlyfauzie's Blog

Archive for the ‘Pendidikan’ Category

 

Saat ini kita sudah benar-benar berada dalam lingkaran hedonisme. Sedikit-sedikit uang, sedikit-sedikit uang. Tak jarang gara2 harta menyebabkan problematika dalam kehidupan pribadi maupun keluarga. Punya harta sedikit ataupun banyak tetap akan menghasilkan masalah bila tidak didasari oleh ilmu yang benar, yaitu tidak memahami apa hakikat,definisi dan orientasi harta bagi seorang muslim.

Dalam mengahadapi pernikahan juga begitu, seringkali uang menjadi masalah. Hal itu bisa terjadi karena kurangnya komunikasi antar kedua pihak, dan adanya keengganan dalam merencanakan atau mengatur keuangan. Dan ada hal yang tak kalah penting, yaitu faktor kebarokahan harta. Kebarokahan harta ini dipengaruhi oleh darimana mendapatkannya, bagaimana mendapatkannya dan bagaimana dibelanjakannya. Islam sebenarnya sudah punya konsep yang sangat bagus lewat Al-quran dan Sunnah Nabi. Contohnya, seorang muslim hendaknya tidak melupakan membayar zakat, menyisihkan infak atau sodaqoh. Selain dari itu harta juga perlu kita simpan sebagian sebagai tabungan atau investasi untuk menunjang mewujudkan rencana-rencana hidup atau cita-cita.

Selama ini otak kita ibaratnya telah termindset kalo menabung itu adalah sisa uang. Padahal sebaiknya tabungan itu dialokasikan di awal ketika mendapatkan rezeki (gaji misalnya), dipatok sekian, kemudian tidak lupa dipotong zakat, sodaqoh dan bla…bla… Sehingga uang yang dialokasikan untuk keseharian kita sudah benar-benar terencana dan menuntut kita untuk disiplin, kita harus bisa survive dengan anggaran yg dibuat sendiri.

Ibarat suatu negara, kita juga perlu yang namanya menyusun APBN, kita dapat mengestimasi berapa sih kebutuhan real kita perbulan dengan cara merecord penerimaan dan pengeluaran kita dengan membuat cashflow. Dari data yang terecord kita bisa tau kecenderungan-kecenderungan kita dalam membelanjakan harta. Masih boros kah?? Padahal dalam Al-Quran dijelaskan perilaku boros merupakan temannya syaitan. Lalu bisa juga untuk mereview sudah bersikap dermawan kah kita, sudahkah kita berjihad dengan harta.

Nah dari cashflow ini lah kita dapat merencanakan mau apa kita 1 tahun kedepan, 5 tahun kedepan, biaya pendidikan anak, biaya ketika pensiun, dan banyak lagi.

Untuk lebih jelasnya, saya punya rekaman suara dari kegiatan Workshop Financial Pranikah yang diisi oleh Teh Febiola Aryanti dan diselenggarakan oleh Romantic couple Community Bandung. Saya sangat tertarik pemaparan oleh teh febi, awalnya sih liat video di youtube di acara zakat tv. Pikirku, wah ini mantap banget pengelolaan keuangan berbasis islam, edukasi yang benar-benar dibutuhkan masyarakat saat ini ditengah jomplangnya ekonomi masyarakat, yang kaya kaya banget yang miskin-miskin banget. Dengan konsep Islam yang kaya dan yang miskin bisa sama2 berikhtiar mencapai keseimbangan bagaimana membelanjakan harta dan bagaimana mengupayakan harta yang semuanya dalam bingkai ibadah.

Saya beruntung banget bisa menyerap ilmu secara langsung dari teh febi. Dan bentuk workshop ini lebih disukainya dari pada seminar yang menampung banyak orang. Menurutnya lebih baik pesertanya cukup (sedikit) namun benar-benar terserap dan diaplikasikan karena disampaikan dengan proses belajar yang nyaman. Ternyata Teh Febi ini sangat heboh, hehehe…. beda banget sama yang ada di video-video di Internet.

Baiklah jika berkenan saya kasih link file audionya, semoga bermanfaat :

Bandung, 17 Januari 2015

Sesi 1
Sesi 2

10897763_840378172687136_9086208809854192807_n

Iklan

Satu ungkapan yang sangat tepat untuk saat ini adalah “Bersyukur”. Berterimakasih atas segala nikmat-karunia selama 4 tahun ini,sehingga suatu hal yang ditunggu-diharap yaitu kelulusan kuliah bisa dilalui. Orang tua dan keluarga senang begitu juga para guru (dosen) ikut senang.

Selama kurang lebih 5 bulan saya harus berjibaku dengan pengerjaan Tugas akhir (final project), sangat mengesankan sekali begitu banyak hikmah yang didapatkan. Pertama diawali dengan kebingungan mencari judul penelitian , mencari saran kesana kemari tidak membuat diriku yakin. Sampai akhirnya pada pengajian Milad UMY yg dihadiri Pak Jamil Azzaini saya sempat berbincang-bincang dengan Pak Agus S.Muntohar , tentang berbagai hal dari kondisi kampus, jurusan sampe tentang TA, saya terinspirasi dari beliau untuk menganalisis fondasi tiang dengan software , dengan kasus di tempat KP-ku dulu.

Dan kubulatkan tekad untuk mencoba menjadikan beliau menjadi dosen pembimbing saya, sehingga dimulailah email-emailan. Saya disarankan untuk mencari program Plaxis dan TA ttg Plaxis. Berbagai usaha kulakukan ngopy TA ke UII, download software, download jurnal. Setelah semua ada saya masih belum faham mau kemana arah penelitian saya, mau nyicil juga bingung karena belum tau tujuan akhir dari penelitian ini. Dengan segala susah -derita-senangnya menyelesaikan tugas akhir, ada beberapa hal yang menarik bagi saya,

Dosen Pembimbing

(1)Pembimbing saya lebih suka koreksi draft lewat online daripada diprint,
(2)Konsultasi online lewat jejaring sosial lebih disukai daripada email (padahal dalam benak saya email kayaknya lebih sopan daripada lewat jejaring sosial, unik ya?),
(3) Revisi laporan saling kirim file online,
(4)Diberi keleluasaan untuk belajar software PLAXIS di ruangannya (ditinggal pergi coba….)
(5) Saya dan temen saya Rizqi menjadi mahasiswanya yang pertama kali membuat TA geoteknik dengan Metode elemen hingga ,
(6)
Kalo ngoreksi , sangat detil sekali, sehingga setelah sidang yang namanya REVISI sangat sedikit sekali,
(7) Dari penelitian ini salah satu cita-cita saya tercapai yaitu menjadi mitra penelitian dengan dosen. Hasil penelitian saya dikombinasikan kajian beliau yang pada akhirnya menjadi sebuah makalah yang dipresentasikan pada Konferensi Nasional Teknik Sipil ke-7 (KoNTeks7) Solo 24 Oktober 2013. Alhamdulillah

Seminar dan Pendadaran

Untuk seminar alhamdulillah berjalan dengan lancar, hasil dari penelitian saya dipresentasikan dihadapan teman-teman teknik sipil UMY. Pada malam harinya saya sempat meriang, jadi ketika presentasi Sabtu, 6 Juli 2013 sedikit kurang fokus. Di akhir seminar dosen saya menjelaskan kepada audien akan pentingnya penguasaan software teknik sipil, bahkan beliau sangat mendukung bila ada mahasiswa yang melakukan penelitian menggunakan software. Saking perhatiannya, beliau mengusulkan ke pihak jurusan agar diberikan ruangan khusus mahasiswa yang mengerjakan tugas akhir menggunakan software, baik itu struktur, keairan, geoteknik dan pemodelan2 lainnya.

Untuk pendadaran, saya sempat sangat khawatir beberapa hari sebelum hari-H karena beberapa bab belum sempat dikoreksi tepatnya bab hasil-pembahasan dan kesimpulan. Sementara saya harus segera mengeprint draftnya untuk dikasihkan ke dosen penguji agar dibaca dahulu. Karena beberapa kendala akhirnya saya baru menyerahkan draft pada hari-H hihihi….malunya aku, tapi alhamdulillah dosen2nya memaklumi. Saat pendadaran terdiri dari 1 dosen pembimbing dan 2 dosen penguji, 1 dosen penguji betul2 menguji pendirian saya dengan pertanyaan yang sangat mendasar sekali, seiring berjalan waktu ujian yang terjadi malah mengalir menjadi semacam diskusi ,menarik menururtku. Yang awalnya sempat tegang seperti mau dibantai , eh ternyata cukup santai. Malah dosen penguji satunya lagi tidak memberi saya pertanyaan apa-apa :D. (tumben kok baik sekali pak dosen ini, hihi). Beliau cuma memberi masukan agar penamaan judulnya lebih disesuaikan lagi dengan isi laporan. Di akhir sesi saya sempat meminta berfoto bersama, ya sebagai kenang-kenangan sih bahwa “SAYA PERNAH NGERJAIN SKRIPSI DAN DIUJI OLEH DOSEN LOH!” (hahaha lebay)

Setelah pendadaran selesai, perasaan begitu lega, plong. Bahwa tugas saya sebagai mahasiswa S1 sudah selesai. Hmmmh Alhamdulillah

pendadaran(foto selepas pendadaran)

Yudisium

Selanjutnya yudisium , dimana saya harus melengkapi urusan administrasi dan akademik selama kuliah. Sejak saat itu lah (31 Agustus 2013) saya dinyatakan menyandang gelar Sarjana Teknik (ST) finish di IPK 3,72. Pemberian gelar yang menurutku adalah sebuah amanah besar dan ujian memegang idealisme, bagaimana ilmu dan pengalamanku betul-betul menjadi problem solver, kata engineering saja mempunyai arti rekayasa, ya semoga saya bisa menjadi salahsatu orang yang solutif bagi negeri ini. Kuncinya saya harus terus belajar, kapan saja dimana saja.

Wisuda

Kemudian puncaknya adalah wisuda (19 Oktober 2013), yaitu acara seremonial pemberian ijazah seorang sarjana dari Kampus (lewat Dekan dan Kajur). Ibu dan bapakku datang ke Jogja ditemani adikku, sedangkan kakakku tidak bisa hadir dikarenakan sedang hamil jadi takut beresiko diperjalanan.

Penyerahan Medali wisuda (Bu Anita)(s)(seremoni wisuda)

DSC_0014new(s)(foto keluarga)

Karya siswa-siswi SMA/SMK

Karya siswa-siswi SMA/SMK

Sesi Pengujian

Sesi Pengujian

Foto bersama para juara

Foto bersama para juara

Rekapitulasi Nilai Akhir
Peringkat Nama Tim Nilai
1 Longlast 75.23
2 Alpha 74.61
3 D’Jogtul 74.51
4 MUHIBA 74.33
5 paparabun 74.17
6 Bulan Sabit 72.99
7 D’Jogging 70.68
8 The Legend Warm Bridge 70.14
9 Mahkota Raja 68.63
10 SKABRIDGE 64.82
11 MANTESSA 1 60.97
12 Moega Holic Creativity 53.62
13 Sabulussalam 44.88
14 MANTESSA 2 41.75

Sebagai juara Favorit adalah tim Bulan Sabit

Terimakasih kepada para peserta atas partisipasinya, semoga menjadi motivasi kembali untuk bersemangat dalam mengukir prestasi. Dan selamat kepada para juara semoga menjadi pengalaman yang berharga.

Lampiran(download):
1. Rekapitulasi Nilai
2. Data Waktu pembuatan dan dimensi jembatan

source: stickbridgeumy.blogspot.com

[SOIL IMPROVEMENT]

Dalam suatu kasus, ada suatu proyek pembuatan jalan raya. Sebelum melakukan pekerjaan perkerasan, yang paling awal adalah mengkaji kapasitas dukung tanah atau biasa disebut CBR (California Bearing ratio). Setelah dikaji, diketahui bahwa CBR tanahnya adalah <2% , secara teori sudah jelas bahwa tanah itu tidak layak untuk dijadikan dasar jalan. Setelah diteliti kembali ternyata tanahnya “bermasalah” yaitu termasuk tanah lunak. Kalo udah begini hanya ada 2 alternatif solusi, yaitu pertama dengan memindahkan trase jalan atau kedua dengan cara perbaikan tanah.

Tanah yang bermasalah :

  1. Tanah lunak
  2. Tanah dispertif
  3. Tanah ekspansif
  4. Pasir dan kerikil longgar/tidak padat

Tanah Lunak

Secara visual dapat ditembus dengan ibu jari minimum sedalam 2,5 cm atau bila diukur kuat gesernya <40 KPa (dengan cara vane shear test). Secara umum tanah lunak dibagi menjadi dua, yaitu tanah lempung lunak dan tanah gambut.

Lempung lunak, mengandung banyak mineral lempung dan memiliki kadar air yang tinggi( >60% bahkan >100%). Biasanya tanah ini terdapat di daerah rawa.

Gambut, tanah yang pembentuk utamanya terdiri dari sisa-sisa tumbuhan.

karakteristik tanah lempung lunak (kohesif) :

  • Daya dukung relatif rendah
  • Pemampatan relatif besar dan berlangsung dalam waktu yang relatif lama–>disebabkan pori tanah terisi oleh banyak air

problem bangunan di atas lempung lunak :

  • Beban bangunan yang mampu dipikul tanah dasar relatif terbatas.
  • Bangunan akan mengalami penurunan yang relatif besar dan berlangsung relatif lama.
  • Bangunan sekitar lokasi pembangunaan akan mengalami gangguan.

Tanah Ekspansif

Tanah yang mengandung mineral lempung monmorilonit . Ciri-cirinya adalah mengembang bila kadar air naik dan menyusut ketika kadar airnya turun.

Tanah Dispesif

Tanah yang antara butiran yang satu dengan yang lainnya mudah memisahkan diri. Cirinya adalah tidak terkohesi meskipun dalam keadaan basah, mudah terosi. Sehingga tanah ini sangat berbahaya bila berbentuk lereng-lereng. Tanah ini yaitu jenis lanau.

Pasir dan Kerikil longgar/tidak padat

Cirinya adalah memiliki kepadatan yang rendah, pori-pori besar sehingga kompresibilitas tinggi, kekuatan rendah (karena bidang kontak butiran kecil).

Teknik Perbaikan Tanah

Secara mekanis (fisis)

Perbaikan dilakukan dengan cara pemadatan, mencampur tanah dengan bahan granuler (butir kasar).

Dengan Bahan kimia (secara kimiawi)

Mencampur tanah dengan semen, kapur, aspal, abu terbang(fly ash), abu sekam padi. Bahan ini dapat memperbaiki daya dukung tanah karena mempunyai unsur silika, kalsium yang mana dapat menyebabkan terjadi peristiwa agromelasi (butiran menjadi lebih besar)

Dengan bahan perkuatan

Menggunakan cerucuk kayu, tikar bambu, tiang kayu, beton pracetak, geosintetik.

Secara Hidrolis

Dengann cara pemompaan, preloading, drainasi vertikal, atau kombinasi antara preloading dan drainasi vertikal

 

5 semester telah kulalui dengan penuh dinamika, ada senang ada duka. Telah banyak ilmu didapat, namun jangan sampai surut semangat untuk terus menuntut ilmu tiada akhir. semester 1-2 adalah masa2nya penuh santai, belum dicekoki materi yang terlampau berat, waktu dimana lebih banyak beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Di semester 2 saya sudah diperkenalkan dengan proyek-proyek dosen, yang mana lumayan dapat honor buat jajan,he..

Semester 3, adalah waktu dimana saya paling menggebu-gebu kuliah, alhasil saya mendapat IP semester paling bagus dibanding semester2 lainnya,alhamdulillah….

Semester 4, adalah waktu dimana berbagai motivasi berkumpul, dimana amanah dari beberapa organisasi menuntut untuk dipertanggung jawabkan, mulai tertarik ikutan kompetisi-kompetisi teknik sipil nasional, mulai berusaha mengajukan beasiswa, mulai belajar menjadi asdos. Alhamdulillah semuanya kulalui, meskipun harus berdampak pada nilai2 kuliah.

Semester 5, adalah waktu dimana materi kuliah sudah semakin berat, namun saya terlalu berani untuk mengambil SKS genap 24, sehingga membuatku kalangkabut, sementara tugas saya sebagai mas’ul rohis fakultas belum ada progress signifikan. Sehingga yang ada hati ini penuh kegalauan. Semester dimana saya sedikit goyah, semangat mengendor…astaghfirullah,saya tak boleh menyia-nyiakan kuliah ini dan universitas kehidupan ini.

Semester 6,7,8 ??? suatu kepastian,amanah pasti akan bertambah, tanggungjawab, godaan semakin besar

yang pasti saya harus tetap semangat!!, ingat Alloh, ingat orang tua, ingat hakikat masa muda. Berikan selalu kemanfaatan, “khoirunnas anfauhum linnas”

WADUK SITU LEUTIK

Saat ini Kota Banjar telah mempunyai satu bangunan air yang cukup mahal, yaitu Situ Leutik. Situ Leutik namanya, mempunyai fungsi sebagai embung/situ/bendungan/waduk. Dikatakan embung karena sebelum di bangun dahulunya berupa kumpulan kolam-kolam milik rakyat setempat. Terus dikatakan Situ karena areal permukaan airnya cukup luas yaitu sekitar 3 hektar dengan kedalaman rata-rata 6 m, sehingga bila dilihat sepintas mirip seperti danau. Dan Situ Leutik ini juga mempunya konsep bendungan dimana inletnya berasal dari suatu sungai kecil “solokan”. Kemudian juga disebut waduk karena situ ini berfungsi untuk menyimpan air dikala musim hujan, dan digunakan untuk air irigasi ketika musim kemarau tiba.

Pembangunan Situ Leutik ini merupakan salah satu mega proyek yang sedang dilaksanakan Pemkot Banjar, karena nilainya yang bermilyar-milyar rupiah. Karena disaat yang bersamaan Pemkot Banjar juga sedang membangun sebuah jembatan layang “fly over “ di Kecamatan langensari. Dimana jembatan dibangun untuk menyeberangi rel kereta yang dahulunya tidak memiliki pintu, sehingga dengan kerawanan kecelakaan ini dinas PU Banjar merasa pelu membangun fly over terlebih perlintasan rel kereta api ini terletak di pusat keramaian “dayeuh” kecamatan langensari.

Jadi bisa terlihat disini bahwa pembangunan-pembangunan yang dilakukan Pemkot Banjar, berasal dari visi yang cemerlang, betul-betul pemikiran yang futuristik. Ya,semoga saja pembangunan-pembangunan ini memberikan manfaat yang sangat luas bagi kota Banjar.

Kembali ke Situ Leutik

Situ Leutik terletak di kawasan yang berada di Dusun Pasirnagara dan Babakan Pace Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar. Baca entri selengkapnya »

CIVIL EXPO

Ini adalah sedikit cerita tentang keikutan kami (bersama Lukmanul hakim & Ahmad Rizqi) di kompetisi jembatan kayu. Lomba ini berlevel nasional dmna universitas-universitas dari Indonesia turut ikut serta. Lomba diadakan di Surabaya dengan penyelenggara ITS, kegiatan mereka bernama “Civil Expo 2011”, ya ini merupakan acara tahunan dari kampus ITS dimana himpunan mahasiswa teknik sipilnya selalu mengadakan lomba-lomba berbau teknik sipil. Selain lomba jembatan ,ada juga lomba beton, maket gerbang tol, fotografi dll. Awalnya kami cuma bermodal nekad, gimana engga selama ini mahasiswa2 teknik sipil UMY vakum sekali dalam pergaulan nasional khususnya kompetisi.

Baca entri selengkapnya »


My Instagram

Terjadi error saat mengambil gambar dari Instagram. Upaya akan diulangi beberapa menit lagi.

Terimakasih atas kunjungannya ^^

arsipp

September 2017
S S R K J S M
« Agu    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Blog Stats

  • 212,428 hits

jadwal sholat untuk daerah kasihan-bantul-YKT

Zifa Engineering Consultant

my workplace

pengunjung

free counters

peta

twitter