fadlyfauzie's Blog

Workshop Financial Pranikah

Posted on: Februari 3, 2015

 

Saat ini kita sudah benar-benar berada dalam lingkaran hedonisme. Sedikit-sedikit uang, sedikit-sedikit uang. Tak jarang gara2 harta menyebabkan problematika dalam kehidupan pribadi maupun keluarga. Punya harta sedikit ataupun banyak tetap akan menghasilkan masalah bila tidak didasari oleh ilmu yang benar, yaitu tidak memahami apa hakikat,definisi dan orientasi harta bagi seorang muslim.

Dalam mengahadapi pernikahan juga begitu, seringkali uang menjadi masalah. Hal itu bisa terjadi karena kurangnya komunikasi antar kedua pihak, dan adanya keengganan dalam merencanakan atau mengatur keuangan. Dan ada hal yang tak kalah penting, yaitu faktor kebarokahan harta. Kebarokahan harta ini dipengaruhi oleh darimana mendapatkannya, bagaimana mendapatkannya dan bagaimana dibelanjakannya. Islam sebenarnya sudah punya konsep yang sangat bagus lewat Al-quran dan Sunnah Nabi. Contohnya, seorang muslim hendaknya tidak melupakan membayar zakat, menyisihkan infak atau sodaqoh. Selain dari itu harta juga perlu kita simpan sebagian sebagai tabungan atau investasi untuk menunjang mewujudkan rencana-rencana hidup atau cita-cita.

Selama ini otak kita ibaratnya telah termindset kalo menabung itu adalah sisa uang. Padahal sebaiknya tabungan itu dialokasikan di awal ketika mendapatkan rezeki (gaji misalnya), dipatok sekian, kemudian tidak lupa dipotong zakat, sodaqoh dan bla…bla… Sehingga uang yang dialokasikan untuk keseharian kita sudah benar-benar terencana dan menuntut kita untuk disiplin, kita harus bisa survive dengan anggaran yg dibuat sendiri.

Ibarat suatu negara, kita juga perlu yang namanya menyusun APBN, kita dapat mengestimasi berapa sih kebutuhan real kita perbulan dengan cara merecord penerimaan dan pengeluaran kita dengan membuat cashflow. Dari data yang terecord kita bisa tau kecenderungan-kecenderungan kita dalam membelanjakan harta. Masih boros kah?? Padahal dalam Al-Quran dijelaskan perilaku boros merupakan temannya syaitan. Lalu bisa juga untuk mereview sudah bersikap dermawan kah kita, sudahkah kita berjihad dengan harta.

Nah dari cashflow ini lah kita dapat merencanakan mau apa kita 1 tahun kedepan, 5 tahun kedepan, biaya pendidikan anak, biaya ketika pensiun, dan banyak lagi.

Untuk lebih jelasnya, saya punya rekaman suara dari kegiatan Workshop Financial Pranikah yang diisi oleh Teh Febiola Aryanti dan diselenggarakan oleh Romantic couple Community Bandung. Saya sangat tertarik pemaparan oleh teh febi, awalnya sih liat video di youtube di acara zakat tv. Pikirku, wah ini mantap banget pengelolaan keuangan berbasis islam, edukasi yang benar-benar dibutuhkan masyarakat saat ini ditengah jomplangnya ekonomi masyarakat, yang kaya kaya banget yang miskin-miskin banget. Dengan konsep Islam yang kaya dan yang miskin bisa sama2 berikhtiar mencapai keseimbangan bagaimana membelanjakan harta dan bagaimana mengupayakan harta yang semuanya dalam bingkai ibadah.

Saya beruntung banget bisa menyerap ilmu secara langsung dari teh febi. Dan bentuk workshop ini lebih disukainya dari pada seminar yang menampung banyak orang. Menurutnya lebih baik pesertanya cukup (sedikit) namun benar-benar terserap dan diaplikasikan karena disampaikan dengan proses belajar yang nyaman. Ternyata Teh Febi ini sangat heboh, hehehe…. beda banget sama yang ada di video-video di Internet.

Baiklah jika berkenan saya kasih link file audionya, semoga bermanfaat :

Bandung, 17 Januari 2015

Sesi 1
Sesi 2

10897763_840378172687136_9086208809854192807_n

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Instagram

Menghabiskan petang bersama di @kedaiomgendut ,soda mintnya bikin seger... Bersama mamang beca kota Banjar, sunmor. Dempet2an maklum pant**nya sama2 lebar 😅😅 Pemandangan danau dan pura bedugul dari atas masjid besar bedugul. Disini udaranya dingin dan sering hujan, ibarat lembangnya bandung atau kaliurangnya sleman. #bedugul #bali #keren👍 Latar di belakang merupakan wujud optimisme seorang arsitek/seniman dalam ketekunannya membuat patung bertahun2, ibarat seperti proyek mercusuar untuk membuat landmark baru pulau Bali. Ya, inilah [rencana] patung Garuda Wisnu Kencana didesain dengan tinggi 125 m (pedestal 50 m, patung 75 m). Digadang_gadang akan mengalahkan tingginya patung liberty. #GWK

Terimakasih atas kunjungannya ^^

arsipp

Februari 2015
S S R K J S M
« Feb   Agu »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Blog Stats

  • 175,576 hits

jadwal sholat untuk daerah kasihan-bantul-YKT

Zifa Engineering Consultant

my workplace

pengunjung

free counters

peta

twitter

%d blogger menyukai ini: