fadlyfauzie's Blog

Akhir dari petualangan kompetisi dunia kampus

Posted on: Mei 1, 2013

Mungkin bisa jadi saya yang paling aktif ikutan lomba-lomba diantara teman2 angkatan, bisa jadi mereka juga risih “ni anak kok hobinya ikutan lomba”, yang mungkin beranggapan bahwa akademik saya akan terganggu.

Saya sih hadapi dengan biasa-biasa saja, dengan tidak bermaksud ujub namun bersyukur akan ada potensi yang bisa digali. Kucoba seimbangkan antara peran akademik, organisasi, rohani, pengembangan diri agar semuanya terserap pada diri. Dan saya menyadari bahwa saya belum bisa meniru hebatnya para seniorku sebelumnya..

Latar belakang keikutsertaan saya dalam lomba sederhana saja, mgkn masih ada saksi hidup yang ingat bahwa saya pernah berkata” Saya ingin memberikan sesuatu bagi almamater” simple kan. kata itu saya lontarkan saat semester 2.

Saat itu belum ada tradisi dari mahasiswanya untuk berkompetisi di bidang teknik sipil. Sehingga kucoba merintis, kebetulan saat itu saya diamanahi ketua divisi PSDM HMS, lalu saya berfikir bidang ini seharusnya membuat mahasiswanya semakin berkembang dan terberdayakan. Saya rasa harus dimulai dari diri sendiri sebelum menggaungkannya ke teman mahasiswa yang lain.

Bermodal pengalaman keikutsertaan lomba ON MIPA, saya sudah sedikit memiliki akses dengan kalangan jurusan, sampai akhirnya mencoba membuka sekat-sekat birokrasi dan melobi pihak jurusan agar mendukung kegiatan kemahasiswaan khususnya pendelegasian lomba.

Dimulai dari lomba rancang jembatan ITS yang masuk finalis, lomba rancang kuda-kuda UGM yang masuk finalis, dan terakhir baru2 ini lomba desain maket bendung gerak ITS. Berawal hanya berupa finalis, kemudian finalis yang mendapat no urut lebih baik, sampai akhirnya bisa mendapat tropi.

Ya inilah akhir perjalanan saya di dunia kompetisi di kuliahan S1, saya belum bisa memberikan hasil terbaik berupa juara satu di lomba aket bendung gerak. Saya meyakini masih banyak titik lemah bagi teman2 teknik sipil UMY apabila ikut serta dalam lomba. Tapi ini bukan berarti harus meninggalkan dan menyerah pada keadaan.

Lomba perancangan teknik sipil itu menarik loh
Berbeda dengan lomba-lomba karya tulis ilmiah pada umumnya yang hanya berada di tataran pemikiran atau ide. Mungkin ada beberapa poin untuk meyakinkannya :

  1. Lomba perancangan teknik sipil sama-sama bernilai ilmiah seperti LKTI, karena pembuatan proposal desain dipastikan menggunakan sistematika penulisan dan metopen.
  2. Lomba perancangan akan menguji kepahaman kita akan materi-materi kuliah. Karena saat melakukan perancangan semuanya harus berlandaskan teori.
  3. Lomba perancangan dapat membuktikan sendiri ilmu yang didapat ke dalam tataran praktis. Misalkan apa itu lendutan, bukling, modulus elastisitas sulit ditemukan secara nyata pada saat kuliah.
  4. Lomba perancangan seperti membawa kita pada siklus dunia konstruksi, nulis proposal seperti bikin dokumen lelang, pengumuman lolos proposal seperti pengumuman tender, pengerjaan desain menjadi suatu karya ibaratnya sedang dalam tahap konstruksi, keuangannya yang tidak bisa disupport 100% akhirnya harus pinjam, dan lain sebagainya.
  5. Lomba perancangan akan selalu bertemu dengan banyak mahasiswa dari seluruh Indonesia dengan berbekal inovasi-inovasi yang keren dan luar biasa, sehingga tukar informasi dan ilmu bisa semakin terasa, sehingga kita dapat mengukur diri akan kualitas kita sebagai mahasiswa.

Kalau ada opsi sebenarnya pengen terus2an ikutan lomba, biar bisa ketemu orang-orang hebat se-Indonesia. Namun saya juga harus memikirkan untuk menyelesaikan studi, karena ini yang diharapkan para orang tua, melihat anaknya wisuda. Saya berharap akan ada sekelompok mahasiswa yang meneruskan perjuangan, karena ini bukan untuk kepentingan pribadi saja, namun dari sini kita bisa berkontribusi bagi jurusan dan almamater kampus, sehingga kita benar2 tercatat telah mencetak sejarah ketika menuntut ilmu di kampus.2013-04-28 19.17.17d

Saran saya, kembangkanlah imajinasi, dan buatlah ide inovasi, perkuat penggunaan teknologi informasi, serta perbaguslah public speaking. InsyaAllah mau kampus manapun pasti bisa bersaing di kancah lomba Nasional bahkan Internasional🙂

Tinggalkan Balasan

My Instagram

Menghabiskan petang bersama di @kedaiomgendut ,soda mintnya bikin seger... Bersama mamang beca kota Banjar, sunmor. Dempet2an maklum pant**nya sama2 lebar 😅😅 Pemandangan danau dan pura bedugul dari atas masjid besar bedugul. Disini udaranya dingin dan sering hujan, ibarat lembangnya bandung atau kaliurangnya sleman. #bedugul #bali #keren👍

Terimakasih atas kunjungannya ^^

arsipp

Mei 2013
S S R K J S M
« Mar   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Blog Stats

  • 176,135 hits

jadwal sholat untuk daerah kasihan-bantul-YKT

Zifa Engineering Consultant

my workplace

pengunjung

free counters

peta

twitter

