fadlyfauzie's Blog

Yang saya tahu tentang Pak Dahlan Iskan

Posted on: Juli 25, 2012

Pak Dahlan Iskan adalah mentri BUMN RI untuk periode sekarang, dimana sebelumnya menjabat sebagai dirut PLN. Sejauh ini sudah banyak gebrakan2 dari beliau yang di benak kita terlihat tidak populer. Di media2 beliau sangat sering  disorot karena sifat beliau yang suka turun langsung ke lapang untuk memberi solusi permasalahan di masyarakat. Hal ini yang menarik bagi saya , beliau terkesan nyeleneh, saya yang belum pernah ketemu dengannya jadi pengen ketemu langsung untuk membuktikannya.

Bisa ketemu pak mentri

Alhamdulillah, saya dihadapkan pada suatu kesempatan. Dimana saya menemuinya di Seminar Ramadhan Jamaah Shalahahuddin UGM. Awal begini kenapa saya bisa kesana. Kemarin(25 Juli 2012) saya baru pulang dari kampus UMY jam 13.30-an setelah dari TU menyelesaikan persuratan untuk ijin KP (Kerja Praktek), sesampainya di kos saya istirahat sejenak sambil OL , tak sengaja liat ada teman FB anggota JS yang membuat status kalo ada acara yang menghadirkan Menteri BUMN. Wah ..kesempatan bagus ini, karena sehabis istirahat saya mau ke Maguwoharjo Sleman untuk mengajukan permohonan KP di SATKER Pelaksana Jalan Nasional DIY. Langsung saja tanpa pikir panjang saya bersemangat ke Maguwoharjo karena setelahnya bisa ketemu pak Menteri.

Pertama sesampainya di kantor SATKER PJN, saya langsung disambut sama tim pelaksana pembangunan Fly Over Jombor, namun ada kekecewaan T_T, ternyata surat yang saya berikan nama instansinya salah…huft..harus dikoreksi, balik lagi dehh

Setelah gagal di SATKER PJN, saya langsung ke kota Jogja, yang saat itu sudah masuk waktu ashar. Selanjutnya saya mampir di masjid kampus UGM dulu untuk sholat. Setelah itu muter nyari fakultas pertanian sulit banget nyarinya soalnya ga tahu. Alhamdulillah setelah tanya sana sini ruang auditorium fakultas pertanian saya temukan.

Saya masuk, dan ternyata benar ada Pak Dahlan Iskan!

Acara yang berlangsung saat itu adalah seminar Ekonomi menhadirkan profesor ****  beliau seorang pakar di bank syariah, ada jg pengusahan sapi yang beromzet miliaran meskipun kedua kakinya cacat, beliau adalah lulusan sarjana UGM, kemudian ada ibu ****(lupa lagi namanya), beliau adalah pengusaha sukses toko swalayan Pamella. Nah , disana ada ikut nimbrung Pak Dahlan Iskan, yang seharusnya datang ke UGM pagi hari untuk mengisi seminar energi, yang sama2 juga diselengarakan oleh panitia RDK UGM. Namun katanya beliau baru bisa ke UGM sore hari.

Pak Dahlan Iskan berbicara Energi dan Kemandirian Bangsa

Di awal pembicaraan, beliau menganalisis usaha yang dilakukan oleh pengusahan sapi yang sama2 sebagai speaker. Beliau mencermati bahwa usia kisaran 30-33 adalah capaian puncak seorang manusia, karena usia ini kondisi tubuh masih bugar (yang istilahnya seharian gak tidur jg gak bakal masuk angin), dan usia 31 bila dikurangin usia akhir studi misalkan katakanlah 8 tahun. Seharusnya waktu yang sekian itu telah banyak mengenyam banyak pengalaman. Usia teresbut kalo pekerjaannya adalah pegawai, itu sudah memungkinkan untuk menjadi manajer. Maka kalau ingin melihat keberhasilan seseorang lihatlah di umur tersebut.

Baik, setelah itu si bapak bicara tentang energi. ada beberapa pemikiran beliau yang saya catat. Diantaraya,

  • Kelak, 8 tahun lagi penghasil listrik sel surya menjadi hal yang biasa
  • Semakin lama permasalahan energi nasional akan semakin kompleks karena semakin berkurangnya cadangan minyak dan membengkaknya subsidi BBM.
  • Ada sekitar 300 Trilyun yang harus dikeluarkan pemerintah , beliau menambahkan alangkah baiknya bila sekali saja subsidi itu di stop kemudian dialihkan pada penelitian, dan pengembangan sumber energi terbarukan seperti sel surya.
  • Beliau menganjurkan untuk membenci bensin dari sekarang dan mencoba sumber energi lain.
  • Pemerintah melalui beliau sangat bersemangat untuk mengembangkan mobil listrik. (perusahaan mobil BBM aja gak punya, kok ini mau buat mobil listrik?). Beliau menjelaskan kalo kita sekarang mengembangkan mobil BBM tentunya kita udah kalah start jauh sekali dan sulit untuk mengejar, terbukti di Malaysia perusahaan mobil yang ada kesulitan karena terus-terusan disubsidi.
  • Beda kalo mobil listrik, di dunia banyak negara sama2 sedang mengembangkan mobil listrik. Jadi ibaratnya kita start bareng, dan bersaing bareng-bareng.
  • Mengenai kendala listrik untuk mobil listrik yang mana tidak bertahan lama untuk jarak jauh. Maka perusahaan aki perlu dirangsang untuk mengembangkan aki tahan lama. filosofinya beliau , saat ini belum ada aki bagus/tahan lama karena mau dipakai siapa? kalo kita mulai dengan mengembangkan mobilnya kemungkinan besar perusahaan aki pun akan membuat produk khusus.
  • Beliau menceritakan bahwa setelah dipilihnya jadi mentri dulu, ada cita2 besar dari beliau tentang kemandirian, yaitu dengan membangun pabrik2 stratedis dibidang pertanian, dan di bidang lainnya. Ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing bangsa, agar mengurangi kebiasaan impor, dan menjaga harga agar tidak mencekik para petani oleh produk impor.

Beliau memang rada unik

Sebagai seorang menteri beliau tidak seperti pada umumnya. Yang saya lihat :

pake kemeja putih, celana hitam, sepatu bukan kulit tapi seperti sepatu sport. gak pake jam tangan. Diantar pake mobil biasa tanpa ada pengawalan. Saking mengapresiasi kepada mahasiswa , yaitu ketika sesi tanya jawab sebenarnya panitia memberi batasan dengan memberlakukan sesi dan yang diperkenankan terbatas karena waktunya udah mepet. Namun ketika banyak sekali yang mengacungkan tangan, pak dahlan langsung melabrak, beliau menyuruh untuk semua yang mengacungkan tangan agar maju ke depan. Di depan semua bertanya dengan rinci dan antusias. Kemudian Pak dahlan pun menjawab semua pertanyaan dengan adil. Demikianlah mungkin karena beliau sangat peduli kepada para pemuda. Yang saya tangkap darinya, Pak Dahlan orangnya visioner, berfikir ke depan untuk bangsanya, semoga dari hal2 nyelenehnya ini bisa membawa pada perubahan besar negeri ini, kita tidak perlu pemimpin yang banyak bicara namun kita perlu pemimpin yang penuh dedikasi. Seperti para pendahulu2 kita founding father dan bapak2 pembangunan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Instagram

Menghabiskan petang bersama di @kedaiomgendut ,soda mintnya bikin seger... Bersama mamang beca kota Banjar, sunmor. Dempet2an maklum pant**nya sama2 lebar 😅😅 Pemandangan danau dan pura bedugul dari atas masjid besar bedugul. Disini udaranya dingin dan sering hujan, ibarat lembangnya bandung atau kaliurangnya sleman. #bedugul #bali #keren👍

Terimakasih atas kunjungannya ^^

arsipp

Juli 2012
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Blog Stats

  • 176,135 hits

jadwal sholat untuk daerah kasihan-bantul-YKT

Zifa Engineering Consultant

my workplace

pengunjung

free counters

peta

twitter

%d blogger menyukai ini: