fadlyfauzie's Blog

Pertolongan Allah selalu ada

Posted on: Juli 7, 2012

Sebenarnya ini cerita sederhana, namun semakin meyakinkan aku bahwa ketika ada kesulitan menempuh suatu jalan, maka Alloh akan membuka jalan lain sebagai bagian dari pertolongannya.

Pada hari kamis (5/7/2012) aku berencana pulang kampung ke Banjar. Awalnya mau berangkat pagi jam 9 (jadwal Bus Budiman lewat) akan tetapi sekitar jam 7.15 saya baru saja tiba dari perjalanan jauh Jawa Timur, sementara persiapan belum ada. Jadi saya memutuskan untuk berangkat sore hari, yang saya ketahui jadwal bus Budiman di Gamping adalah jam 17.00, 17.45, dan 18.00 . Saya memilih pergi jam 18.00 aja dengan harapan dapat sholat maghrib dahulu.

Menuju ke pertigaan Gamping dengan berjalan kaki, karena di kos udah tidak ada orang yang bisa dimintai bantu untuk nganter. Dengan perasaan harap-harap cemas, berharap bus masih ada. Sungguh beralasan karena bus untuk menuju Banjar langsung hanya ada satu yaitu PO.Budiman.

Sesampainya disana ,Agen bus ternyata sudah tutup. Itu artinya sudah tak ada lagi bis yang lewat. Tumben bener ….pdhl biasanya bus terakhir jam 18.00 atau 18.30.  Kepanikan melanda diriku, namun kucoba berikhtiar, saya berjalan sedikit ke arah pasar, sembari menunggu bis dari Solo lewat. Ada 4 bus lewat yang berasal dari Solo, kulambai-lambaikan tangan namun tak satupun bus mau berhenti. Cukup beralasan karena bus ternyata sudah penuh/terisi semua.

Galau akhirnya….waktu itu udah malam, masa udah jalan kaki jauh2 dari kos ke pasar gamping harus balik lagi? sementara kalo berangkat besoknya pagi pasti akan menabrak sholat jum’at.

Pertolongan Alloh ternyata datang, bahwa ada seorang bapak yang senasib dengan saya. Kalo saya tujuan Banjar tapi beliau jurusan Tasikmalaya. Saya sempat diskusi dengannya ,yang pada akhirnya beliau menawarkan untuk sama2 menaiki travel menuju Purwokerto untuk transit dahulu. Karena sudah dipastikan berapapun lamanya nunggu bis di Gamping gak bakalan ada. Terlebih saat itu memang transportasi bus sedang ramai (liburan).

Alhamdulillah, di dalam perasaaan. saya punya teman…Karena jujur saya belum pernah dari jogja ke Purwokerto apalagi naik travel(pertama kali) dan malam2 pula. Suatu hal yang riskan bila berangkat sendirian karena tidak tahu medan. Selanjutnya aku beli dulu karcis di agen Sumber Alam dekat pasar Gamping seharga 42.500 dan berangkat jam 20.30-an.

Perjalanan tidak senyaman bila naik bus, namun saya tetap tsiqoh pada supir dan berharap keselamatan kepada Allah. Dan akhirnya kami sampai di terminal Purwokerto jam 24.00. Suatu tempat yang asing bagiku, namun saya terkagum2 dengan Terminal disini, sangat tertata rapi representatif,  keren pokoknya konsepnya. Tiba disana perutku mulai keroncongan, hari itu baru makan sekali karena berharap naik bus pasti dapat makan malam, namun sekarang tidak. Lagi2 kebaikan si bapak tadi telah mentraktirku makan di penjaja makanan. Jazakallohu khoiron…pak

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan naik bus Mandala (bus bisnis, AC tapi berdesak2an kayak ekonomi) , bus ini berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur. Berangkat jam 01.00 malam dan nyampe banjar jam 3.15. Dari Terminal naik ojek deh sampai rumah….Alhamdulillah

Kita tidak dapat menerka dari arah datangnya pertolongan, namun sikap kita yang pasti adalah Roja’ dan Khouf menyadari bahwa diri ini lemah tanpa pertolongan dari-Nya