fadlyfauzie's Blog

East Java Trip [Part 2]

Posted on: Juli 6, 2012

Rabu, 4 Juli 2012

Kalo kemarin ceritanya kami berlalu-lalang di daerah Sidoarjo-Surabaya-Gresik. Dimana seharian kami sering bertemu dengan truk-truk besar, container, jalan tol, peradaban berbau industry dan distribusi barang. Jelas saja karena Surabaya merupakan kota pelabuhan Internasional dengan Tanjung Peraknya, berbagai barang terkumpul disana menuntut untuk didistribusikan.

Nah untuk hari ini, perjalanan bergeser kearah selatan bermula dari Surabaya menuju kota Batu,Malang. Kita menginap semalam di suatu hotel di Kota Batu. Kota Batu merupakan bagian dari Kabupaten Malang yang sangat terkenal dengan buah apel, disini juga terdapat banyak objek wisata sekelas Dufan di Jakarta. Jadi sangat jelas kota Batu adalah Kota wisata, saya melihat disana banyak terdapat taman, bersih, air yang mengalir cukup bersih pemberdayaan ekonomi kecil dengan berjualan oleh-oleh khas Malang. Gak salah memang pemkot Banjar daerah asalku pernah study banding ke kota Batu dalam pengelolaan wisata dan oleh2 khas karena memang pengelolaan kotanya yang baik.

Pagi itu suhu udara sangat dingin di waktu subuh, aku beranikan diri untuk mandi karena kebetulan ada air panasnya,hehe :-D . Dilanjut sholat subuh, kemudian packing barang dan sarapan kecil yang disediakan hotel sambil tiduran di bawah selimut nonton berita pagi. Kami berkumpul kembali sekitar jam 7.00 di aula tempat makan, ya kami mengisi perut dulu sebelum dheck out melanjutkan perjalanan. Menu yang disediakan adalah Nasi rawon+tempe goreng+pisang. Nasi Rawon memang sudah menjadi ciri khas makanan Jawa Timur. Di luar ternyata banyak pedagang lapak yang menjajakan oleh-oleh khas Malang, seperti keripik apel,nangka,salak ada juga dodo lapel, keripik kentang trus baju-baju khas Batu. Disini aku sempat beli keripik apel dan dodol.

Sekitar jam 08.00 kami rombongan melanjutkan kembali perjalanan, destinasi selanjutnya adalah PLTA Sutami. Perjalanan memerlukan waktu sekitar 2 jam , sempat melihat kampus UMM yang mana cukup besar dan lebih besar dari kampusku UMY , kampus binaan Muhammadiyah memang sangat bagus dalam pemeliharaan dan tata letak. Kemudian sempat juga melihat kampus UIM, UNM dan yang paling aneh kutemukan “Hanya ada di Indonesia” yaitu sebuah baliho besar disamping masjid dengan tulisan “Dijual Masjid 1m2=2 juta rupiah” , ada2 aja😀 …saya belum nangkap maksud sebenarnya apa benar di jual atau minta pembebasan dg uang amal jariyah. 2 jam waktu yang cukup lama, maka kugunakan saja untuk istirahat tidur, sebenarnya aku punya kebiasaan terjaga kalo naik bis dengan harapan bisa menikmati pemandangan dan mengambil pelajaran sepanjang perjalanan, tapi untuk kali ini sulit sekali ngantuknya minta ampun…..

PLTA Sutami

Jam 10.00 bus kami sudah tiba di depan PLTA, petugas keamanan lagi2 harus memperivikasi ijin, sesaat kemudian pemandu mengumumkan untuk segera bersiap2, dan menyuruh kami untuk mematuhi setiap peraturan dan yang paling membuat kami kecewa yaitu di dalam bangunan PLTA dilarang untuk mengambil gambar, gak tau juga apa alasannya…kita sih manut saja. Setibanya disana saya cukup terkagum2 dengan bangunan Bendungan yang menjulang tinggi dan PLTA yang terawatt dengan baik. Terlebih lagi PLTA ini terletak di antara bebukitan yang udaranya terasa sejuk.

Disana kami dipandu oleh 3 pegawai, sehingga rombongan dibagi menjadi 3 untuk diajak berkeliling dan berbagi cerita mengenai PLTA Sutami. Untuk kelompok saya pertama di ajak ke pipa air intake dari atas (bendungan) ke bawah (bangunan PLTA). Diceritakan bahwasanya PLTA ini adalah rampasan perang dari Negara Jepang, didirikan pada tahun 1968 dan diresmikan pada tahun 1972 oleh Menteri Pekerjaan Umum saat itu yaitu Ir. Sutami, maka dari itu PLTA ini debri nama Sutami. Air bendungan sendiri berasal dari sungai Brantas. Diperlihatkan ada 3 pipa besar disana menandakan ada 3 unit pembangkit listrik yang mana setiap unitnya mempunyai kemampuan untuk menghasilkan llistrik 35 MW / 35 juta watt sehingga total apabila beroperasi semua adalah berjumllah 105 MW. Cukup besar untuk seukuran PLTA jadul, Kok jadul ? ya memang PLTA ini menggunakan teknologi asli jepang produksi Toshiba dimana saat ini sudah tidak ada sukucadangnya lagi, sehingga mengapa PLTA ini masih beroperasi karena kekreatifan pegawai sini untuk mengakalinya. Saat kami kesana unit yang beroperasi hanya 1 dengan output 20 MW, ada sedikit penurunan produksi karena debit air di Bendungan sedang menyusut dikarenakan sedang musim kemarau. Pemamdu menceritakan PLTA adalah pembangkit listrik yang sangat handal dan dapat mengatasi masalah krisis listrik, lama waktu untuk menghasilkan listrik paling lama 5 menit yaitu untuk membuka katup pipa agar air masuk ke runner atau penggerak turbin. Kami juga di ajak langsung ke lokasi turbin beliau menjelaskan tentang stator, rotor, air masuk. Konsepnya sebenarnya sederhana seperti dynamo pada umumnya, namun bedanya PLTA ini menghasilkan tegangan yang terlalu tinggi sehingga perlu dikonversi menggunakan travo sebelum dialirkan ke kabel sutet.

PLTA ini menjadi solusi ketika pembangkit-pembangkit lain memerlukan listrik untuk menginisiasi produksi listriknya, seperti PLTD, PLTN yang mana untuk menhasilkan listrik memerlukan waktu inisiasi yang lama. Inilah keunggulan PLTA dibanding dengan yang lainnya, sifatnya yang instan dan murah hanya memanfaatkan energy potensial air. Dan air yang keluar dapat dibendung lagi untuk penggerak Turbin PLTA lainnya, jadi air tidak terbuang percuma ke laut.

Itulah manfaat kita mempunya bendungan tak salah bila pemerintah mengkategorikannya sebagai unit vital bagi Negara. Sangat jelas irigasi, air baku, listrik , pariwisata , pengatur banjir semua dikendalikan oleh bendungan/waduk. Menjadi lebih indah untuk dilihat bahwa bendungan ini berada di daerah pegunungan, disana melintas rel kereta api yang menghubungkan Malang dengan Blitar.

Suatu hal yang patut kita syukuri memiliki kekayaan alam yang melimpah dengan berbagai potensi yang ada untuk kesejahteraan bersama.

Jawa timur Park I

Setelah melihat karya monumental, skrg saatnya refreshing ke Jatim Park 1 , tiba disana sekitar jam 3.00. Saya cukup terkagum-kagum ternyata di Jawa Timur memiliki taman bermain yang sangat besar namun tidak sebesar Dufan di Jakarta, namun wahana yang disajikan tidak kalah menarik. Memasuki sana kami diberi gelang identitas untuk menggunakan wahana sepuasnya. Tempat yang pertama kali kita cari yaitu food court karena kami semua mengalami lapar berjamaah,hehe….disana makanan kita beli dengan uang-uangan (voucher) senilai 15 ribu rupiah.Lumayan udah mengobati lapar, kami semua langsung tertantang untuk menjajal wahana. Pertama kali teman2 mencoba wahana 360 derajat, wahana yang sangat extreme menurutku , aku ketinggalan tidak mencoba karena temannya cm 3 jadi malas untuk menaikinya. Selanjutnya kami bersama2 naik wahana kapal angkasa yang memutar bikin mual, sampai2 salah satu teman muntah di tempat,hihihi…. :-D

Setelah merasa cukup bg permulaan saya tertantang naik tornado , sembari mengingat memori ketika di dufan betapa extreemnya wahana ini. Kemudian masuk rumah hantu, trus naik halilintar . Pingin naik kursi terbang tapi dilarang sama petugasnya katanya berat badannya terlalu besar,hhmmmpt, kemudian pingin naik kicir2 eh malah udah habis waktunya, seluruh wahana berhenti karena waktu menunjukan jam 16.30. Gagal deh mencoba semua wahana extreme…sebelum perut ini muntah ingin kucoba semuanya,hehe.. :-D

Batu Night Spectacular

Waktu udah sore, kami semua berkumpul kembali ke bus, disini saya jajan pentol dulu (makanan sejenis cilok,tahu,lumpia) sambil teringat dulu pas pertama kali memakannya ketika di Surabaya pas lomba jembatan civil expo ITS. Perjalanan dilanjutkan, pemandu bus kami mengajak dulu ke pusat oleh2, aku sempat beli buah apel segar. Setelah cukup, perjalanan dilanjut ke BNS (Batu Night Spectacular), sejenis arena bermain keluarga namun waktunya aja yang malam, kalo di kita mungkin mirip pasar malam. Yang beda mungkin dari sisi wahananya dimana disini lebih modern seperti wahana di dufan pada umumnya. Jadi kita bayar untuk masuk itu tidak termasuk fasilitas wahana, wahana harus bayar lagi rata-rata seharga 10 ribu. Pertama yang kami lakukan yaitu sholat, hal ini memang harus pintar cari waktu dan sepanjang perjalanan Jamak dan Qashar menjadi hal yang biasa bagi kami.Udah itu kami masuk bersama ke pintu masuk. Saya udah malas untuk bermain lagi sebenarnya terlebih harus ngeluarin uang lagi, namun aku akhirnya terayu untuk masuk taman lampion aku ikut2 aja di potret bareng sama mereka (adik angkatan). Ya tak apa2 lah itung2 menjaga mereka. :-D

Aku balik lagi ke bus bareng handoko, ketika berjalan banyak pedagang bakso, jagung, pentol menjajakan dagangannya. Aku sih milih jajan jagung manis aja udah kenyang soalnya.

Kamis, 5 Juli 2012

Jam menunjukan jam 21.30 akhirnya agenda refreshingnya sudaj selesai, Bus kembali pulang ke Yogyakarta, sempat berhenti sejenak di Klaten untuk mendirikan shlat subuh. Dan perjalanan dilanjut kembali. Sampai akhirnya kita kembali ke tempat asal yaitu halaman lobii fakultas. HHmmm, capek rek….Alhamdulillah, saya sangat menyukai safar untuk melihat keagungan ciptaan Alloh…semoga kita termasuk insan yang bersyukur, sadar akan kelestarian alam. aamiin

-Tamat-

Jawa Timur( 3-4 Juli 2012)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Instagram

Menghabiskan petang bersama di @kedaiomgendut ,soda mintnya bikin seger... Bersama mamang beca kota Banjar, sunmor. Dempet2an maklum pant**nya sama2 lebar 😅😅 Pemandangan danau dan pura bedugul dari atas masjid besar bedugul. Disini udaranya dingin dan sering hujan, ibarat lembangnya bandung atau kaliurangnya sleman. #bedugul #bali #keren👍

Terimakasih atas kunjungannya ^^

arsipp

Juli 2012
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Blog Stats

  • 176,135 hits

jadwal sholat untuk daerah kasihan-bantul-YKT

Zifa Engineering Consultant

my workplace

pengunjung

free counters

peta

twitter

%d blogger menyukai ini: