fadlyfauzie's Blog

East Java Trip [part 1]

Posted on: Juli 3, 2012

Sehari setelah pelaksanaan TKII UKI JAA selama 3 hari sampai tanggal 1 Juli 2012 rasa capek masih melekat pada tubuh, terutama pegal-pegal. Bayangkan saja tiap hari harus naik turun bukit mengangkat gallon berisi air.

Namun saya rasa istirahat sudah cukup, karena keesokan harinya Senin petang harus berangkat menuju Jawa Timur untuk mengikuti KKl yang di adakan oleh HMS UMY, dengan mengambil tema “Civil On Vacation”. Pagi harinya kusempatkan dulu nyuci baju dengan harapan sore udah kering. Kemudian beli sedikit bekal perjalanan, dan sempat main ke kampus untuk mengecek nilai.

Ba’da Maghrib saya menitipkan dulu motor saya ke garasi bapak kos, karena di kosan saya udah gak ada orang terkecuali saya, jadi agak riskan untuk meninggalkan motor di garasi. Setelah pamit, jalan kaki deh menuju kampus.

Sesampai dikampus saya berbincang2 dulu dengan Pak Jazaul Ikhsan dosen favorit saya beserta Aslim ketua HMS. Dan dilanjut dengan upacara pembukaan di loby fakultas.

Bus mulai berangkat jam 20.00 WIB melewati Ringroad Utara, dan berhenti sejenak di Karang anyar, kemudian transit pada pukul 04.30 untuk ISHOMA bertempat di rumah makan tepat pas perbatasan kabupaten Mojokerto dan Pasuruan.

Setelah cukup bersih dan kenyang,hehe…perjalanan dilanjutkan pukul 08.00 menuju kantor utama PT. Semen Gresik sekitar 30 menitan kami harus menunggu di luar gerbang untuk verifikasi ijin di pos keamanan. Keren lah pokoknya etos kerja pekerja di sini.

PT.Semen Gresik
Di semen Gresik kami disambut dengan cukup baik, kami diantar ke ruangan diklat untuk mengadakan presentasi dari pihak jurusan teknik sipil UMY dan humas Semen Gresik . Inti dari presentasi ini adalah kita harus berbangga masih memiliki produsen semen yang tergabung dalam BUMN. Yang mana kepemilikan sahamnya 51% milik Indonesia. Salah satu kelebihan Semen Gresik adalah sebagian laba yang didapat akan masuk ke kantong APBN sehingga kemanfaatannya akan terdistribusi ke berbagai sector. Berbeda kasusnya ketika para produsen semen bersifat swasta semua maka akan berpotensi pada persaingan yang tidak sehat serta penentuan harga yang tak terkendali. Semen Gresik hadir sebagai Leader dimana gabungan antara Semen Gresik, Semen Tonasa, Semen Padang. Saat ini pangsa pasar Semen Gresik mencapai 41 % dari keseluruhan penjualan di Indonesia. Pemasarannya sudah go International. Satu hal yang menarik adalah untuk pembuatan campuran beton Jembatan Suramadu PT. Semen Gresik membuat produk khusus dimana semen yang dihasilkan mempunyai sifat mekanis yang sangat bagus dan cocok untuk di laut namanya adalah Special Blended Cement (SBC).

Disana dijelaskan mengenai perbedaan Portland Composite Cement dan Portland Pozzolan Cement :

PORTLAND COMPOSITE CEMENT (PCC)

Adalah bahan pengikat hidrolis haisl penggilingan bersama-sama terak, gypsum, dan satu atau lebih anorganic. Kegunaan semen jenis ini untk konstruksi beton umum, pasangan batu bata, plesteran, selokan, pembuatan elemen bangunan khusus seperti beton pracetak, beton pratekan, dan paving block.

SUPER MASONARY CEMENT (SMC)

Adalah semen yang dapat digunakan untuk konstruksi perumahan dan irigasi yang struktur betonnya maksimal K225. Dapat juga digunakan untuk bahan baku pembuatan genteng beton hollow brick, paving block, dan tegel.

Bahan Pozzolan sangat berguna untuk menangkal air yang mengandung sulfat karena akan membuat beton terbentuk pori-pori (micro visual), apalagi bila kemasukan air chloride hal ini bisa mengakibatkan korosi pada tulangan sehingga memperkecil penampang.

Tanya jawab begitu mengalir, peserta begitu aktif bertanya, sampai pada pukul 11.00 agenda di Semen Gresik selesai.

PU Cipta Karya
Destinasi selanjutnya ke Kantor Dinas PU Cipta Karya Sidoarjo, sampai disana pukul 13.00. Dinas ini membidangi tentang perumahan, sanitasi dan tata ruang wilayah. Meskipun bidang Cipta karya, namun para peserta lebih menarik untuk menanyakan kondisi lumpur lapindo, banjir, prospek pembangunan perumahan disini. Senang rasanya berdiskusi dengan bapak-bapak disini selain memang pakar mereka juga sangat friendly dan menjelaskan sesuatu dengan detail. Bapak-bapak disini menganjurkan kepada mahasiswa agar tidak hanya belajar teknik saja karena di lapangan kemampuan social seperti sosialisasi ke masyarakat, administrsi, pendataan, tender hanmpir 60 % pekerjaan yang ada di Instansi ini. Ternyata benar apa yang sering diceritakan bapak ku diamana dalam kegiatan kerjanya dulu di BBWS Citanduy lebih sering bersifat social terjun langsung ke masyarakat. Tak henti-hentinya mereka memotivasi kami untuk segera cepat-cepat menuntaskan studi, mulai dari sekarang harus sudah memikirkan TA, dan apabila sudah lulus sebisa mungkin melakukan sertifikasi keahlian terutama saat ini kemampuan Tender sangat dibutuhkan bagi lulusan Sarjana Teknik Sipil. Agenda disini berakhir jam 15.30 , aku pun sekalian saja sholat disini di kantor yang dulunya bekas sekolah.

Jembatan Suramadu
Perjalanan dilanjutkan, namun ada sedikit perubahan dikarenakan hari sudah terlalu sore maka agenda kunjungan ke Pelabuhan tidak jadi, namun langsung menuju Jembatan Suramadu dimana kami harus menyebrang untuk bisa menyaksikan maha karya Indonesia di bidang teknik sipil. Gak nyangka pokoknya bisa nyebrang jembatan sepanjang itu.

Namun saya kira investasi ini tidak akan rugi selain telah menghubungkan akses ekonomi yang mudah antara Pulau Jawa dan Madura, jembatan ini juga bisa menghasilkan keuntungan yang besar contohnya saja satu mobil Bus kalo tidak salah dikenakan biaya 70 ribu rupiah. Layaknya sebuah jalan tol dimana para investor dipastikan akan untung. Sekitar jam 17.30-an kami rombongan balik lagi ke Surabaya di tengah-tengah jembatan kami dapat melihat matahari Sunset, dan juga hiruk pikuk Pelabuhan Tanjung Perak. Perjalanan selanjutnya adalah menuju Hotel di daerah malang kami check in sekitar jan 22-an….Dingin rek….Sebelumnya kami juga menyaksikan betapa tingginya tanggul penanggulangan lumpur lapindo, dan tau mana yang disebut sunagi Porong dimana kalo di TV-TV diceritakan bahwa lumbur dialirkan kesana dan menurut Kabid PU tadi lumpur lapindo lewat Sungai Porong ini telang membentuk suatu delta di muara menjadi pulau baru.

(bersambung-)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Instagram

Menghabiskan petang bersama di @kedaiomgendut ,soda mintnya bikin seger... Bersama mamang beca kota Banjar, sunmor. Dempet2an maklum pant**nya sama2 lebar 😅😅 Pemandangan danau dan pura bedugul dari atas masjid besar bedugul. Disini udaranya dingin dan sering hujan, ibarat lembangnya bandung atau kaliurangnya sleman. #bedugul #bali #keren👍

Terimakasih atas kunjungannya ^^

arsipp

Juli 2012
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Blog Stats

  • 176,135 hits

jadwal sholat untuk daerah kasihan-bantul-YKT

Zifa Engineering Consultant

my workplace

pengunjung

free counters

peta

twitter

%d blogger menyukai ini: