fadlyfauzie's Blog

Perbaikan Tanah [SOIL IMPROVEMENT]

Posted on: Maret 2, 2012

[SOIL IMPROVEMENT]

Dalam suatu kasus, ada suatu proyek pembuatan jalan raya. Sebelum melakukan pekerjaan perkerasan, yang paling awal adalah mengkaji kapasitas dukung tanah atau biasa disebut CBR (California Bearing ratio). Setelah dikaji, diketahui bahwa CBR tanahnya adalah <2% , secara teori sudah jelas bahwa tanah itu tidak layak untuk dijadikan dasar jalan. Setelah diteliti kembali ternyata tanahnya “bermasalah” yaitu termasuk tanah lunak. Kalo udah begini hanya ada 2 alternatif solusi, yaitu pertama dengan memindahkan trase jalan atau kedua dengan cara perbaikan tanah.

Tanah yang bermasalah :

  1. Tanah lunak
  2. Tanah dispertif
  3. Tanah ekspansif
  4. Pasir dan kerikil longgar/tidak padat

Tanah Lunak

Secara visual dapat ditembus dengan ibu jari minimum sedalam 2,5 cm atau bila diukur kuat gesernya <40 KPa (dengan cara vane shear test). Secara umum tanah lunak dibagi menjadi dua, yaitu tanah lempung lunak dan tanah gambut.

Lempung lunak, mengandung banyak mineral lempung dan memiliki kadar air yang tinggi( >60% bahkan >100%). Biasanya tanah ini terdapat di daerah rawa.

Gambut, tanah yang pembentuk utamanya terdiri dari sisa-sisa tumbuhan.

karakteristik tanah lempung lunak (kohesif) :

  • Daya dukung relatif rendah
  • Pemampatan relatif besar dan berlangsung dalam waktu yang relatif lama–>disebabkan pori tanah terisi oleh banyak air

problem bangunan di atas lempung lunak :

  • Beban bangunan yang mampu dipikul tanah dasar relatif terbatas.
  • Bangunan akan mengalami penurunan yang relatif besar dan berlangsung relatif lama.
  • Bangunan sekitar lokasi pembangunaan akan mengalami gangguan.

Tanah Ekspansif

Tanah yang mengandung mineral lempung monmorilonit . Ciri-cirinya adalah mengembang bila kadar air naik dan menyusut ketika kadar airnya turun.

Tanah Dispesif

Tanah yang antara butiran yang satu dengan yang lainnya mudah memisahkan diri. Cirinya adalah tidak terkohesi meskipun dalam keadaan basah, mudah terosi. Sehingga tanah ini sangat berbahaya bila berbentuk lereng-lereng. Tanah ini yaitu jenis lanau.

Pasir dan Kerikil longgar/tidak padat

Cirinya adalah memiliki kepadatan yang rendah, pori-pori besar sehingga kompresibilitas tinggi, kekuatan rendah (karena bidang kontak butiran kecil).

Teknik Perbaikan Tanah

Secara mekanis (fisis)

Perbaikan dilakukan dengan cara pemadatan, mencampur tanah dengan bahan granuler (butir kasar).

Dengan Bahan kimia (secara kimiawi)

Mencampur tanah dengan semen, kapur, aspal, abu terbang(fly ash), abu sekam padi. Bahan ini dapat memperbaiki daya dukung tanah karena mempunyai unsur silika, kalsium yang mana dapat menyebabkan terjadi peristiwa agromelasi (butiran menjadi lebih besar)

Dengan bahan perkuatan

Menggunakan cerucuk kayu, tikar bambu, tiang kayu, beton pracetak, geosintetik.

Secara Hidrolis

Dengann cara pemompaan, preloading, drainasi vertikal, atau kombinasi antara preloading dan drainasi vertikal

4 Tanggapan to "Perbaikan Tanah [SOIL IMPROVEMENT]"

Silahkan kunjungi http://www.soiltech.co.id utk melihat penerapan metode perbaikan tanah di Indonesia. Terima kasih.

kk, boleh minta info yg lainnya?? cara perencanaan perbaikan tanah cara soil cement..

thx buat info di atas ..

makasih informasinya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Instagram

Menghabiskan petang bersama di @kedaiomgendut ,soda mintnya bikin seger... Bersama mamang beca kota Banjar, sunmor. Dempet2an maklum pant**nya sama2 lebar 😅😅 Pemandangan danau dan pura bedugul dari atas masjid besar bedugul. Disini udaranya dingin dan sering hujan, ibarat lembangnya bandung atau kaliurangnya sleman. #bedugul #bali #keren👍 Latar di belakang merupakan wujud optimisme seorang arsitek/seniman dalam ketekunannya membuat patung bertahun2, ibarat seperti proyek mercusuar untuk membuat landmark baru pulau Bali. Ya, inilah [rencana] patung Garuda Wisnu Kencana didesain dengan tinggi 125 m (pedestal 50 m, patung 75 m). Digadang_gadang akan mengalahkan tingginya patung liberty. #GWK

Terimakasih atas kunjungannya ^^

arsipp

Maret 2012
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Blog Stats

  • 175,576 hits

jadwal sholat untuk daerah kasihan-bantul-YKT

Zifa Engineering Consultant

my workplace

pengunjung

free counters

peta

twitter

%d blogger menyukai ini: