fadlyfauzie's Blog

Instalasi Pengolahan Air Minum [IPA] Ultra-Filtration kota Banjar

Posted on: Februari 9, 2012

Apa sih IPA Ultra-filtration?

IPA Ultra-filtration  adalah salah satu motode nonkonvensional dalam instalasi pengolahan air. Dalam prosesnya air baku diproses menjadi air bersih siap minum dengan menggunakan teknologi saringan/membran.

Ultrafiltrasi adalah teknologi penyaringan air bertekanan dengan menggunakan membran yang terbuat dari hollow fiber sebagai media penyaring untuk memisahkan partikel yang terkandung dalam air. Ultrafiltrasi sendiri memiliki pori-pori penyaring sebesar 0,02 – 0,001 mikron sehingga hanya memungkinkan cairan dan partikel yang lebih kecil ukurannya saja yang dapat melewatinya.

Ultrafiltrasi mampu mengatasi permasalahan yang ada pada air, diantaranya:
1.       Menghilangkan hampir semua partikel, padatan tersuspensi, bakteri, virus dan jenis pyrogenic dari hasil industri farmasi.
2.       Menghilangkan bahan koloid.
3.       Menghilangkan molekul yang memiliki berat jenis yang tinggi.[http://vegatyan.com]

Dikutip dari Berita online Radar :

Kepala Dinas PU Kota Banjar, Ir. H. Ojat Sudrajat, MM., melalui Kasie. Perencanaan Bidang Cipta Karya, David Abdillah, mengatakan, Senin (9/1)

Pembangunan IPA PDAM masih dalam tahap pengerjaan. Pembangunan IPA mengusung sistem teknologi canggih (Ultra Filtration) yang rencananya akan diproyeksikan untuk memenuhi kebutuhaan air di wilayah Banjar Selatan, meliputi Balokang, Jajawar, Cibeureum, Situbatu, Binangun, Batulawang dan Karyamukti.

Proyek ini didanai dari APBN sebesar Rp.11,5 miliar, dan di-sharing dengan APBD Kota Banjar sebesar Rp.2,55 miliar. Alokasinya, dari APBN diperuntukkan bagi pembangunan instalasi pengolahan airnya, sedangkan dana dari APBD dialokasikan untuk pembuatan jaringannya.

Pembangunan dimulai dengan pengerjaan Water Treatment Plan, Ruang Jen-Set, penyediaan pipa distribusi, dan penampungan. Pengolahan air dengan sistem Ultrafiltration menggunakan teknologi membran, dimana air baku disaring dengan daya atau tekanan tinggi, hingga tersisa H2O (air jernih), tidak menggunakan bahan kimia, dan mampu menghasilkan air minum hingga 50 liter perdetik.

“Air yang diolah dengan sistem ultra filtration hasilnya bisa langsung diminum. Di Dunia, IPA Ultrafiltrationini baru ada tiga, yaitu di Jeddah, Arab Saudi, Perth, Australia, dan Kota Banjar, Indonesia,” jelas David.

Suatu pencapaian yang bagus bagi pemerintahan kota Banjar dimana mempunyai IPA berteknologi tinggi dan menjadi percontohan. Dengan berdirinya Instalasi tambahan ini sudah pasti akan menambah kapasitas layanan PDAM bagi warga kota Banjar. Dan setelah saya melihat ke lapangan tempat IPA ultrafiltration ini bisa menjadi pusat studi, wisata teknologi, dengan pemandangan aliran sungai Citanduy di belakang bangunannya. Saya yakin tempat ini bisa menjadi daya tarik warga untuk berekreasi wisata alam berupa Sungai. Lokasinya tidak jauh dari Terminal Bus , Taman wisata air “Water Park Kota Banjar”, stadion sepakbola, Rumah sakit , Pasar Banjar.

Mengapa kawasan sungai pantas menjadi tempat rekreasi? ya, karena sekarang tebing-tebingnya sudah aman diperkuat dengan “retaining wall” dinding penahan tanah, lebih dari itu warga akan dimanjakan dengan paving-block dimana bisa dijadikan jogging track. Sebenarnya sebelumnya sudah dibuat jogging track di kawasan ini, namun mendapat kecaman dari pemerhati DAS Citanduy, dimana suatu konstruksi di daerah sempadan sungai sangat berbahaya. Para ahli sebenarnya memperbolehkan saja di kawasan parunglesang ini ada jogging track namun lereng sungainya harus dibuat turap/penahan tanah.

Ya, lagi-lagi kota Banjar melakukan gebrakan-gebrakan baru. Yang mana pembangunannya saya lihat menjurus pada sustainable development [pembangunan yang berkelanjutan].

1 Response to "Instalasi Pengolahan Air Minum [IPA] Ultra-Filtration kota Banjar"

informasi yang menarik gan… kami pun perusahaan yang bergerak di bidang water treatment.. jika ada kebutuhan dalam pemenuhan alat pengolahan air.. seperti reverse osmosis, ultrafiltratio.. dll. kami bisa membantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Instagram

Menghabiskan petang bersama di @kedaiomgendut ,soda mintnya bikin seger... Bersama mamang beca kota Banjar, sunmor. Dempet2an maklum pant**nya sama2 lebar 😅😅 Pemandangan danau dan pura bedugul dari atas masjid besar bedugul. Disini udaranya dingin dan sering hujan, ibarat lembangnya bandung atau kaliurangnya sleman. #bedugul #bali #keren👍

Terimakasih atas kunjungannya ^^

arsipp

Februari 2012
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
272829  

Blog Stats

  • 176,135 hits

jadwal sholat untuk daerah kasihan-bantul-YKT

Zifa Engineering Consultant

my workplace

pengunjung

free counters

peta

twitter

%d blogger menyukai ini: