fadlyfauzie's Blog

[Gallery] Pasar Kota Banjar makin cantik

Posted on: Februari 8, 2012

Dahulu kondisi Pasar banjar adalah seperti ini : 

Kemudian berbagai aspirasi muncul ke permukaan, dikarenakan umur pasar udah termasuk tua, usang, udah tidak bersih dan kurang teratur. Maka anggota DPR mengkajinya dan kemudian menyetujuinya. Bahkan sempat anggota DPR melakukan studi banding ke Pemda lain untuk mempelajari konsep pembangunan pasar. Sempat terjadi perselisihan pendapat dan keinginan antara Pemkot dan masyarakat pedagang pasar. Pembangunan pasar direncanakan akan dibuat 2 lantai ,dimana lantai dasar adalah untuk barang basah dan lantai atas untuk perdagangan barang kering. Namun konsep ini ditolak keras oleh para pedagang yang menginginkan agar pasar tidak dibuat bertingkat. Alasannya dengan bangunan bertingkat maka akan berpotensi adanya ketidak-adilan konsentrasi jumlah pebeli. Akhirnya pihak pemkot mengalah dengan memenuhi aspirasi para pedagang.

Pembangunan pasar ini menggunakan anggaran tahun 2010, dan pekerjaan fisik baru dilaksanakan tahun 2011. Nilai kontraknya adalah 18,8 Milyar Rupiah. Waktu pelaksanaan direncanakan 300 hari kalender.

 

Berikut adalah Progress pekerjaan pada bulan Agustus 2011:

Berikut adalah Progress pekerjaan pada awal bulan Februari 2012:

 

Pada waktu ini pencapaian pekerjaan sudah mencapai 95 % dimana selebihnya adalah pekerjaan listrik yg masih dikerjakan. Rencananya Pasar ini akan segera di resmikan pada hari jadi Kota Banjar. Akan tetapi pihak terkait pesimis bisa tercapai, karena kemungkinan pekerjaan baru selesai 100% pada awal bulan Maret.

Sekarang pasar banjar makin cantik saja, dari luar terlihat lebih menarik dengan warna cat yang cerah-cerah. Didalamnya juga begitu, seni arsitekturnya terasa. Sekarang semuai lantai sudah dipasangi dengan keramik, kios-kios dibuat modern dan aman. Dari segi pencahayaan juga lebih cerah,tidak seperti sebelumnnya yang gelap. Pengelolaan air hujan/drainase juga diperbaiki. Disekeliling pasar juga jalan-jalan sudah diperbaik dengan perkerasan lentur “hot mix”, diharapkan akan terjadi kegiatan bongkar muat barang yang nyaman, dengan tetap menjaga kelancaran arus lalu lintas.

Pasar banjar saat ini terkesan modern dan representatif untuk mmenjadikannya Pasar Besar/Induk di wilayah Priangan Timur. Konsepnya mirip dengan kios-kios yang biasa di lihat Trade center di kota-kota besar, cuma bedanya kalo ini cuma 1 lantai saja. hufft….

Semoga Pasar banjar yang baru ini bisa meningkatkan kembali roda perekonomian Kota, bukan tidak mungkin pasar ini suatu saat menjadi landmark kota. Kegiatan pasar ini harus senantiasa didukung dan diawasi agar tetap berkembang dan bersaing sehat, pasar harus tetap tegar dan kuat meskipun badai terus menghadang seiring menjamurnya toko-toko swalayan.

Selamat Ulang tahun Banjar-ku yang ke- 9🙂  :-)
21 Februari 2003-2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Instagram

Menghabiskan petang bersama di @kedaiomgendut ,soda mintnya bikin seger... Bersama mamang beca kota Banjar, sunmor. Dempet2an maklum pant**nya sama2 lebar 😅😅 Pemandangan danau dan pura bedugul dari atas masjid besar bedugul. Disini udaranya dingin dan sering hujan, ibarat lembangnya bandung atau kaliurangnya sleman. #bedugul #bali #keren👍

Terimakasih atas kunjungannya ^^

arsipp

Februari 2012
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
272829  

Blog Stats

  • 176,135 hits

jadwal sholat untuk daerah kasihan-bantul-YKT

Zifa Engineering Consultant

my workplace

pengunjung

free counters

peta

twitter

%d blogger menyukai ini: