fadlyfauzie's Blog

Sungai semakin hari semakin terdegradasi saja -___-

Posted on: September 16, 2011

Saat ini, jumlah sungai di Indonesia sangat banyak dan distribusi hujan yang berpola musiman dan kondisi geologi yang berbeda menyebabkan aliran sungai di Indonesia sangat bervariasi. Selain itu, sungai di Indonesia umumnya pendek dengan kemiringan yang curam kecuali beberapa sungai di Kalimantan dan Papua. Kondisi tersebut menjadikan sungai di Indonesia sangat rentan terhadap berbagai masalah

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dalam acara Sosialisasi PP Nomor 38 Tahun 2011 Tentang Sungai, 9 September 2011, di Jakarta. Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Ditjen SDA Sugiyanto, Direktur Irigasi dan Rawa Imam Agus Nugroho, Direktur Sungai dan Pantai Pitoyo Subandrio, Direktur Bina Program Mudjiadi serta Direktur Bina Penatagunaan Sumber Daya Air (BPSDA) Djaja Murni.

Dijelaskan Dirjen SDA, pertambahan jumlah penduduk di Indonesia dan kecenderungan lahan yang berada di sekitar sungai dan dimanfaatkan untuk kegiatan industri serta aktivitas manusia menyebabkan penurunan fungsi sungai.

Amron mengatakan penurunan fungsi sungai ini tentu saja ditandai dengan adanya penyempitan, pendangkalan, dan pencemaran sungai. Demi  kepentingan masa depan, hal tersebut harus dikendalikan agar dapat dicapai keadaan yang lebih baik.

Selain bersifat spesifik, sungai juga bersifat dinamis karena dipengaruhi oleh perubahan debit air dan karakter sungai setempat. “Debit air sungai selalu berubah dipengaruhi curah hujan, kondisi lahan dan perubahan yang terjadi di alur sungai. Karena, karakter setiap sungai ditentukan oleh kondisi geohidrobiologi wilayah sosial dan sosial budaya masyarakat setempat,” jelas Amron.

Keadaan sungai sekarang harus dilindungi agar tidak digunakan untuk kepentingan lain dan tidak tercemar. Penyebab pencemaran air sungai yang utama adalah air limbah dan sampah. Kecenderungan perilaku masyarakat memanfaatkan sungai sebagai tempat buangan air limbah dan sampah yang harus dihentikan.

Hal ini mengingat air sungai yang tercemar akan menyebabkan mati atau hilangnya kehidupan flora dan fauna di sungai yang dapat mengancam keseimbangan ekosistem. Amron menambahkan, pemberian sempadan yang cukup terhadap sungai dan pencegahan pencemaran sungai merupakan upaya utama untuk perlindungan dan pelestarian fungsi sungai.

Kegiatan pengelolaan sungai memerlukan dukungan data dan informasi yang cukup. Di antara data dan informasi tersebut, yang secara khusus perlu mendapat perhatian dalam rangka pengelolaan sungai adalah,data aliran sungai, curah hujan, dan perubahan peruntukan lahan. Data ini penting untuk menganalisis kecenderungan yang sedang dan akan terjadi di DAS dan di alur sungai. Jika terjadi kecenderungan ke arah negatif, maka perlu dilakukan upaya pengendalian ataupun merestorasi sungai.

Dalam rangka memberikan motivasi kepada masyarakat terhadap sungai, maka tanggal 27 Juli ditetapkan sebagai Hari Sungai Nasional. Pada Hari Sungai Nasional, pemerintah, pihak swasta dan masyarakat bersama-sama melakukan pemantauan langsung kondisi sungai.

Amron mengatakan kegiatan ini dimaksudkan agar masyarakat dapat memahami pengaruh kegiatan yang dilakukannya terhadap sungai, baik pengaruh negatif dan positif bagi fungsi sungai.

download  PP Nomor 38 Tahun 2011 Tentang Sungai all about sungai ada disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Instagram

Menghabiskan petang bersama di @kedaiomgendut ,soda mintnya bikin seger... Bersama mamang beca kota Banjar, sunmor. Dempet2an maklum pant**nya sama2 lebar 😅😅 Pemandangan danau dan pura bedugul dari atas masjid besar bedugul. Disini udaranya dingin dan sering hujan, ibarat lembangnya bandung atau kaliurangnya sleman. #bedugul #bali #keren👍

Terimakasih atas kunjungannya ^^

arsipp

September 2011
S S R K J S M
« Agu   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Blog Stats

  • 176,135 hits

jadwal sholat untuk daerah kasihan-bantul-YKT

Zifa Engineering Consultant

my workplace

pengunjung

free counters

peta

twitter

%d blogger menyukai ini: