fadlyfauzie's Blog

Tujuh Penyebab Kemacetan di Jalur Mudik

Posted on: Agustus 25, 2011

kemacetan or jamming

JAKARTA –  Kementerian Perhubungan telah mengidentifikasi sejumlah potensi masalah yang diperkirakan menjadi hambatan kelancaran lalu lintas arus mudik Lebaran.

Ada tujuh potensi masalah mulai dari pelintasan sebidang dengan rel kereta api (KA) hingga kehadiran pasar tumpah yang terus menjadi pengawasan Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2011 di Jalan Medan Merdeka Barat No. 8.

Pelintasan sebidang dengan rel KA diprediksi berpotensi menimbulkan antrean panjang kendaraan saat kereta melintas. Selain itu, pelintasan sebidang pun terhitung rawan kecelakaan bila tanpa pengawasan atau palang pintu.

Beberapa pelintasan yang diperkirakan menjadi sumber kemacetan adalah Pejagan (Brebes), Cicalengka (Bandung), Prupuk (Tegal), Sumpiuh (Banyumas), dan Karanganyar (Kebumen).

Tingginya pengguna sepeda motor sebagai transportasi mudik juga dipandang sebagai salah satu hambatan kelancaran lalu-lintas mudik. Kebiasaan pengendara sepeda motor untuk menerobos kemacetan dengan segala cara, dipandang akan memperlambat kerja aparat untuk mengurai kemacetan. Apalagi, jumlah pemudik sepeda motor diprediksi akan meningkat 7,42% dibanding tahun 2010.

Masalah lain adalah sarana jembatan dry port (pelabuhan darat) yang masih dalam tahap pengerjaan atau penyelesaian di beberapa lokasi utama jalur mudik. Beberapa lokasi jembatan dry port yang diawasi adalah jembatan di kawasan industri Cikarang, jembatan Patok Beusi (Subang), Brebes, Pait (Pekalongan), dan Kendal.

Titik lokasi sumbangan pembangunan tempat ibadah yang tersebar di sepanjang jalur mudik dipandang berandil menyebabkan kemacetan. Penggunaan badan jalan untuk meletakkan kotak sumbangan maupun untuk orang yang meminta sumbangan bisa menghambat laju kendaraan.

Masalah lain muncul dari kondisi jalan di jalur Pantura maupun jalur selatan. Jalan lingkar Nagrek misalnya, masih dalam tahap perbaikan. Salah satu sumber kemacetan di jalur selatan itu sedang diperbaiki berupa penggusuran tanah pada tanjakan (perbaikan alinyemen jalan) sehingga mencapai kelandaian ideal.

Pada beberapa ruas yang sedang dalam tahap perbaikan akan diberlakukan sistem buka tutup arus kendaraan. Namun, sistem ini kerap dilanggar karena pengendara kendaraan cenderung memanfaatkan pula jalur yang berlawanan.

Perbaikan lainnya yang perlu diperhatikan pemudik dan bisa berpengaruh terhadap kemacetan adalah pelebaran jalan lingkar Pemalang. Sementara kabar gembiranya adalah telah selesainya perbaikan jalan Bumiayu – Prupuk (Jateng) yang sempat tertutup longsor.

Gangguan terhadap kelancaran angkutan Lebaran juga muncul dari kesiapan penyeberangan. Pada penyeberangan Merak-Bakauheni, misalnya, dermaga Plengsengan, Bakauheni, Lampung, hanya bisa disandari beberapa kapal. Dermaga tersebut juga hanya bisa dilintasi kendaraan dengan kapasitas kecil, dengan bobot di bawah 25 ton.

Penyeberangan Bali – Lombok juga berpotensi terhambat dengan sempitnya alur lintasan kapal di pelabuhan Padangbai, Bali. Sementara pelabuhan Kayangan di NTB mengalami pendangkalan (sedimentasi) di sekitar dermaga 1.

Masalah ketujuh dalam transportasi Lebaran adalah hambatan klasik di jalur Pantura, yaitu kehadiran pasar tumpah. Di sepanjang jalur utama lintasan Jawa Barat – Jawa Tengah diperkirakan terdapat 88 titik pasar tumpah yang menjadi sumber kemacetan. (kompas.com)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Instagram

Menghabiskan petang bersama di @kedaiomgendut ,soda mintnya bikin seger... Bersama mamang beca kota Banjar, sunmor. Dempet2an maklum pant**nya sama2 lebar 😅😅 Pemandangan danau dan pura bedugul dari atas masjid besar bedugul. Disini udaranya dingin dan sering hujan, ibarat lembangnya bandung atau kaliurangnya sleman. #bedugul #bali #keren👍

Terimakasih atas kunjungannya ^^

arsipp

Agustus 2011
S S R K J S M
« Jul   Sep »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Blog Stats

  • 176,135 hits

jadwal sholat untuk daerah kasihan-bantul-YKT

Zifa Engineering Consultant

my workplace

pengunjung

free counters

peta

twitter

%d blogger menyukai ini: