fadlyfauzie's Blog

Banjar Kolot Suspension Bridge

Posted on: Agustus 22, 2011

sepeda motor sedang melintas

Banjar.

Saat ini kota banjar mempunyai satu jembatan gantung “suspension bridge” yang cukup keren dan gagah. Jembatan ini menyeberangi sungai Citanduy untuk menghubungkan kampung Banjar Kolot dan kampung Cipadung.  Jembatan ini masih tergolong baru,telah selesai dibangun tahun 2009. Menggunakan teknologi jembatan yang sedikit maju, yaitu jembatan gantung dimana tipe seperti ini spesialis untuk jembatan bentang panjang. Namun sayang jembatan ini hanya diperuntukan untuk penyebrangan pejalan kaki, dan kendaraan yang bisa lewat hanya roda dua : sepeda dan sepeda motor. Dalam menyeberang, sepeda & sepeda motor harus bergiliran saling menunggu dari arah berlawanan dikarenakan lebar jembatan sangat sempit. Lantai jembatan menggunakan papan kayu, mempunyai lebar 120 cm ,pinggirnya dibatasi oleh pagar besi setinggi 1,1 m. Panjang jembatan 60 meter disangga oleh kabel baja diameter 5 cm, dan kabel ini disangga pula oleh dua bangunan menara “pylon” setinggi 15 m. Pylon ini terlihat sangat gagah terbuat dari beton.

Tujuan pembuatan jembatan ini adalah untuk membuka akses yang cepat antara daerah Banjar Kolot dan Cipadung, khusunya setelah berdiri SMK baru di Cipadung yaitu SMK 2 Banjar. Dibangunnya jembatan ini sangat membantu sekali bagi siswa-siswa SMK yang pulang-pergi bersekolah. Jarak tempuh menjadi semakin dekat, waktu tempuh semakin cepat. Sebelum di bangun biasanya para siswa dari desa Banjar harus memutar jauh untuk mencapai sekolah, yaitu melewati jembatan didekat terminal. Tentu apabila melewati Parunglesang perjalanan sangat jauh.

Jembatan bertipe gantung bukan yang pertama di kota Banjar. Sebelumnya sudah dibangun jembatan gantung untuk menyangga pipa besar PDAM, letaknya bersebelahan dengan jembatan Parunglesang. Selain itu ada juga jembatan sejenis di objek wisata Situ Mustika di desa Katapang, Purwaharja. Ukurannya lebih kecil , berfungsi sebagai penyeberangan dari pinggir situ ke pulau kecil di tengahnya.

Ya, itu tadi jembatan-jembatan gantung yang ada di Kota Banjar. Instansi PU Banjar telah melakukan tindakan yang tepat untuk mengakomodasi keperluan warganya. Terbukti dengan dipenuhinya pembangunan  jembatan gantung Banjar Kolot. Pemkot Banjar beberapa tahun ini sangat peduli dan serius memperbaiki jaringan jalan dan jembatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Instagram

Menghabiskan petang bersama di @kedaiomgendut ,soda mintnya bikin seger... Bersama mamang beca kota Banjar, sunmor. Dempet2an maklum pant**nya sama2 lebar 😅😅 Pemandangan danau dan pura bedugul dari atas masjid besar bedugul. Disini udaranya dingin dan sering hujan, ibarat lembangnya bandung atau kaliurangnya sleman. #bedugul #bali #keren👍

Terimakasih atas kunjungannya ^^

arsipp

Agustus 2011
S S R K J S M
« Jul   Sep »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Blog Stats

  • 176,135 hits

jadwal sholat untuk daerah kasihan-bantul-YKT

Zifa Engineering Consultant

my workplace

pengunjung

free counters

peta

twitter

%d blogger menyukai ini: