fadlyfauzie's Blog

Jembatan-jembatan di kota Banjar

Posted on: Agustus 21, 2011

Kondisi geografis kota Banjar banyak dikelilingi oleh gunung dan sungai. Banjar sendiri tergolong pada dataran rendah. Yang paling menjadi ciri khas, kota ini khususnya pusat kota dilewati oleh salahsatu sungai besar Jawa Barat, yaitu Citanduy. Sungai Citanduy merupakan bagian DAS Citanduy dimana hulunya berada di kaki gunung Galunggung kabupaten tasikmalaya dan hilirnya berada Segara Anakan di kecamatan kalipucang, kabupaten Ciamis. Di kota Banjar Sungai Citanduy termasuk bagian tengah, bukan hulu maupun hilir, akan tetapi morfologi sungainya sudah tergolong lebar-lebar dan debitnya besar. Tapi itu hanya sampai daerah Pataruman, dikarenakan di daerah doboku dekat kantor BBWS Citanduy ada bangunan bendung dimana banyak air dibelokkan ke jaringan irigasi.

Sungai Citanduy ini menjadi begitu penting sekali bagi kehidupan warga banjar, banyak sekali mannfaat yang didapat. Dari sini sebagian besar pasir di kota Banjar ditambang disini, Air minum PDAM air bakunya berasal dari sini, dan pengairan sawah-sawah yang luas di kecamatan pataruman dan langensari berasal dari sini juga. Dan banyak lagi manfaat dari sungai ini, sehingga saya menyatakan ini SDA yang harus benar-benar kita jaga.

Kota banjar letaknya sangat strategis sekali menjadi pintu gerbang Jawa Barat paling timur, menjadi simpul terhubungnya kota-kota dan provinsi. Sehingga kota Banjar menjadi perlintasan Jalan Nasional di selatan Pulau Jawa. Memang Jalan ini melintasi kota banjar, namun bagi yang melintas(Jabar-Jateng) tidak akan tahu Kota Banjar sebenarnya karena pusat kotanya terhalang oleh Citanduy tadi. Kecuali yang menuju Ciamis Selatan seperti Pangandaran,Cijulang pasti akan melewati Banjar Kota.

Dengan dilewatinya oleh suatu sungai yang cukup besar maka keberadaan sebuah jembatan tentu sangat urgen sekali. Dengan jembatan maka arus tranportasi akan menjadi lancar, akses antar daerah menjadi mudah, distribusi barang dan jasa tidak akan tersendat. Konstruksi jembatan di kota Banjar sangat dibutuhkan. Maka sampai saat ini pun telah ada beberapa jembatan di Kota Banjar. Kesemuanya terletak di posisi yang sangat strategis dimana disitu dekat dengan simpul jalan yang penting.

Sangat menarik memperbincangkan jembatan bagiku, karena teknologi jembatan dari waktu ke waktu terus berkembang. Yang saya lihat di kotaku konstruksi jembatan masih sederhana/konvensional. Kebanyakan berupa jembatan rangka baja (steel truss bridge ) dan gelagar beton (concrete girder). Berikut saya sajikan beberapa konstruksi jembatan di kotaku :

1. Jembatan Parungsari

Ini menurut sejarah menjadi jembatan yang paling awal didirikan. Terletak di dekat pusat kota [Alun-alun-pendopo-masjid agung-Rumah sakit]. Jembatan ini menjadi cerita cikal bakal Banjar berdiri menjadi suatu kota. Bagi yang berasal dari Barat seperti Bandung, Timur seperti Yogyakarta yang akan menuju pantai selatan Pangandaran dipastikan melewati jembatan ini.

disaat sore hari

konstruksi rangka baja yang modelnya terlihat jadul

di bantaran sungai, tebingnya sudah ditanam turap(retaining wall) dengan beton pracetak

2. Jembatan Doboku

Jembatan ini terletak dekat pintu pengairan/bendung sungai Citanduy, juga berdekatan dengan kantor Balai Besar Sungai Citanduy suatu instansi pemerintah bawahan kementrian Pekerjaan Umum yang bertugas dalam pemeliharaan dan pemulihan Sungai Citanduy.  Jembatan ini sangat penting bagi akses lalu lintas dari Jawa tengah menuju Banjar bagian Timur.

foto udara

Jalan inspeksi yang bersanding dengan sungai, didepannya ada jembatan

jembatan gelagar beton

3. Jembatan Baru (Parunglesang)

Jembatan ini terletak di kampung/dusun Parung lesang. Tergolong Jembatan baru setelah dibangun Terminal Bis di kawasan sana. Dengan adanya terminal tentu lalu lintas disini sangat ramai karena angkutan-angkutan umum hilir mudik ke sini. Terminal ini berfungsi sebagai terminal transit antara antara Jakarta,Pangandaran-Yogyakarta. Dengan adanya jembatan ini telah terjadi pengembangan wilayah yang tadinya kawasan Parunglesang ini sepi menjadi ramai dengan aktifitas ekonomi dan transportasi wilayah.

jembatan terhubung langsung dengan simpul penting jalan Nasional

Jembatan Parunglesang

4. Jembatan Madura-Langensari

Jembatan ini baru selesai. Bernilai 4,5 milyar yang merupakan biaya tanggungan bersama Pemprov Jabar, Pemprov Jateng, Pemkot Banjar dan Pemkab Cilacap. Kerjasama ini sangat penting mengingat di daerah ini sungai citanduy menjadi perbatasan kabupaten sekaligus perbatasan provinsi. Dengan dibangunnya jembatan ini akses antara jawa tengah dan langensari (kota banjar) menjadi lebih mudah dan cepat. Jembatan ini pula bisa dijadikan jalur alternatif menuju kota Banjar bagi yang berasal dari Jawa tengah, setidaknya jarak tempuh menjadi lebih singkat dibanding melewati jalan Nasional Banjar-Cilacap. Konstruksi ini memiliki panjang 170 m dan lebar 6 meter.

foto udara

terlihat jembatan dalam proses konstruksi “ereksi”, proyek yang dimulai tahun 2006 dan selesai tahun 2008

tampak dari kejauhan

jembatan tioe rangka baja

penambang pasir di bawah jembatan

Ya,itu tadi jembatan-jembatan di kota Banjar yang melintasi Sungai Citanduy.

4 Tanggapan to "Jembatan-jembatan di kota Banjar"

thanks for the information, i get a lot of information that i need for my final research (riparian landscape) about citanduy river from ur blog🙂

Sama2…🙂
Kajiannya keseluruhan DAS atau hanya kabupaten/kota tertentu?
semoga lancar TAnya

makasih atas infonya soalnya ku buth bget buat tgas karya tulis thank’s ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Instagram

Menghabiskan petang bersama di @kedaiomgendut ,soda mintnya bikin seger... Bersama mamang beca kota Banjar, sunmor. Dempet2an maklum pant**nya sama2 lebar 😅😅 Pemandangan danau dan pura bedugul dari atas masjid besar bedugul. Disini udaranya dingin dan sering hujan, ibarat lembangnya bandung atau kaliurangnya sleman. #bedugul #bali #keren👍

Terimakasih atas kunjungannya ^^

arsipp

Agustus 2011
S S R K J S M
« Jul   Sep »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Blog Stats

  • 176,135 hits

jadwal sholat untuk daerah kasihan-bantul-YKT

Zifa Engineering Consultant

my workplace

pengunjung

free counters

peta

twitter

%d blogger menyukai ini: