fadlyfauzie's Blog

sepenggal cerita dari si jembatan kayu

Posted on: Juli 14, 2011

CIVIL EXPO

Ini adalah sedikit cerita tentang keikutan kami (bersama Lukmanul hakim & Ahmad Rizqi) di kompetisi jembatan kayu. Lomba ini berlevel nasional dmna universitas-universitas dari Indonesia turut ikut serta. Lomba diadakan di Surabaya dengan penyelenggara ITS, kegiatan mereka bernama “Civil Expo 2011”, ya ini merupakan acara tahunan dari kampus ITS dimana himpunan mahasiswa teknik sipilnya selalu mengadakan lomba-lomba berbau teknik sipil. Selain lomba jembatan ,ada juga lomba beton, maket gerbang tol, fotografi dll. Awalnya kami cuma bermodal nekad, gimana engga selama ini mahasiswa2 teknik sipil UMY vakum sekali dalam pergaulan nasional khususnya kompetisi.

Awalnya , aku sama lukman waktu itu melakukan diskusi kecil ketika angkatan 2009 mengadakan kuliah lapangan ke Karangsambung. Waktu di asrama disela2 waktu istirahat sy memberikan gagasan kepada lukman, “man, gimana klo qt bikin klub jembatan, soalnya pak Agus ngebet banget UMY bisa berpartisipasi di kompetisi jembatan”(krg lebih bgt). Tanpa pikir panjang Lukman langsung menyetujui, pembicaraan pun semakin mengalir dengan ide-ide.

Sehabis pulang dr Karangsambung, kita sepakat membuat aksi. Yang paling awal adalah kita berusaha menambah pengetahuan tentang jembatan dari hal yang mendasar. Lebih dari itu Lukman berinisiatif mencari info2 lomba, dan aku lebih ke simulasi dan hal2 fundamental jembatan. Demi memenuhi rasa ingin tahuku sampe2 stik es krim pun dijadikan simulasi jembatan. Dan akhirnya lukman tak harus menunggu lama untuk mendapatkan info lomba, dia menemukan lomba civil expo lewat web.

Sejak itu ancang2 pun dibuat, lobi ke jurusan dan akhirnya kami diapresiasi dan didukung sekali. Besoknya pak Heri sekalu kajur langsung mengundang teman2 yg tertarik ikut lomba dan juga dosen2nya untuk duduk bareng mendiskusikan strategi yang mesti dipersiapkan. Disini penentuan siapakah yang menjadi dosen pendamping, dan kami mendapatkan pak As’at Pujianto menjadi dosen pembimbing.

Sejak peremuan itu kegiatan kuliah menjadi sangat menarik. Di satu sisi saya harus fokus belajar di kelas, namun di satu sisi saya harus memanfaatkan waktu diantara kuliah itu dengan konsultasi…konsultasi….dan terus konsultasi. Sampai bosan jadinya. Konsultasinya beragam mulai dari permulaan proposal, analisis strukturnya, dan analisis biaya, mantap deh buat pengalaman pertama.

Hari-hari terus dilalui, yang ada difikiran adalah “jembatan”, “jembatan” ahhh ga tau deh pokoknya jembatan. Hampir tiap hari saya mengutak-atik autocad mengerjakan desain jembatan yang gak jadi-jadi,hahahah. Disamping itu kami dituntut untuk menyurvei kayu untuk mendapatkan karakter yang diinginkan. Saat itu kami punya satu pikiran yang sama yaitu bagaimana caranya agar berat jembatan seringan mungkin. Jadilah kami mencari2 kayu yang ringan. Setelah desain jembatan fix dan material siap, kami terlebih dahulu membuat 1 model trial. Namun sayang pengerjaannya kurang maksimal sehingga belum bisa diuji dan diketahui beban maks yang dapat di pikul.

Hari sudah semakin dekat saja dengan deadline pengumpulan proposal, tp proposal perasaan kok gak selesai2. Bab perencanaannya kami nyerah dan akhirnya kita putuskan mengunjungi rumah dosen untuk konsultasi. Dan alhamdulillah ada titik pencerahan. Besoknya langsung dikebut dan kami memutuskan untuk begadang di kosannya ahmad rizqi, and then akhirnya proposal bisa dikumpul sehari sebelum hari-H.

Ujian mid akhirnya menghampiri, saya bener2 dibuat pusing saat itu , fikiran bercabang saya harus bertanggung jawab penyelenggaraan MUSYWIL FULDKT Jogja, Pembuatan Laporan praktikum(kelompok)  yang masih ketergantungan denganku. Kuliah dan Ujian apalagi….hufft

Tp rasa pusing itu pun terobati ketika pihak ITS mengumumkan kalau kami lolos seleksi proposal. Alhamdulillaah!!. Pengumuman yang berdekatan dengan ujian ini mengakibatkan kami harus ekstra kerja keras. sejak pengumuman ada waktu 1 minggu sampai waktu lomba. Ini artinya 1 minggu yang bertepatan dengan pekan ujian ini harus benar2 dimanfaatkan sebaik-baiknya. Saya udh gak konsen lagi belajar, malah kadang gak belajar(mengandalkan yang nempel ketika kuliah). Tiap hari harus ke lab, dan apabila ada jadwal ujian kami harus bergantian selang seling.Dan ternyata pekerjaan itu akan sulit selesai apabila mengandalkan waktu siang. Dan akhirnya kami pun memutuskan untuk melembur malam. Ada sekitar 3 malam kami harus berada di lab yang sepi dan gelap sekelilingnya. Karena gimana lagi lab adalah tempat terbaik dalam membuat elemen2 jembatan.

 lukmanfadly 

foto sewaktu di lab

Dengan kesabaran yang tak habis2 ternyata pekerjaan pun belum selesai sampai hari dimana kami harus segera berangkat ke Surabaya. Terpaksa kami harus ijin meninggalkan ujian untuk 2 hari, yaaahhhhh resiko….. Dengan keadaan seperti itu Kami harus tetap berjibaku dengan kayu2 dan lem di dalam kereta dalam perjalanan. Kami pun menjadi bahan tontonan penumpang lain, tak apa lah demi ikut serta di Civil Expo. Persiapan yang kurang matang itulah kesimpulannya, sehingga hasil jembatan pun kurang maksimal banyak belepotan lem, gak mulus, ketidak sesuaian dengan perencanaan. Ceritanya selama di kereta jembatan sudah fix.

 Sarapan di dekat stasiun tugu

 melanjut lembur pekerjaan yang belum selesai

 udah jadi, dengan hasil yang kacau

 Tiba di Surabaya makan duluFoto dulu ah di stasiun Gubeng

Waktu itu adalah hari jumat dan kebetulan tiba di Surabaya ketika waktu shalat Jumat. Kami tiba di Stasiun Gubeng, kemudian istirahat dulu dan makan siang. Eh pas di teras stasiun ketemu dengan teman2 UGM akan tetapi mereka mengikuti yang desain gerbang tol-nya. Setelah menunggu beberapa waktu, akhirnya kami dijemput panitia.

Pas dijemput panitia

 Mau technical meeting, ni teman2 dr UIRuang technical meeting
Suasana serius technical meetingSimulasi pembebanan , pokoknya cukup alot teckmeet-nyaMau berangkat ke Mall tempat exhebition Sarapan dulu Ni teman dr Brawijaya dapat urutan pertama pengujian , keren diatas 100 kg klo g salahFoto dulu ah di Grand City Mall Surabaya Games2 dari panitia, n si rizqi ikut2an GJ Siapa paling banyak punya kartu Setelah acara selesai para finalis gathering saling akrab Ni dia para juara , kami cuma penggembira saja deh,hehe
Tp tetap bersyukur ternyata seru menjadi finalis bersama teman2 teknik sipil dari beragam perguruan tinggi
UNDIP-UGM-UMY 
Para penghuni terakhir asrama
Foto dulu ah di kabah(tiruan) di Asrama Haji Surabaya

Ya begitu deh pengalaman kami pada tanggal 2 April 2011, semoga berikutnya bisa ikut berpartisipasi lagi dalam kompetisi ini, dan mudah2an juga bisa berkembang ke level yang lebih tinggi yaitu KJI(amin, sebelum lulus harus dimanfaatin,hehe)

6 Tanggapan to "sepenggal cerita dari si jembatan kayu"

Ka, gimana yah buat bikin laporan jembatan dari stik es krim ?.

kalo jembatan stik eskrim laporannya tidak rumit, yang penting desain/bentuk jembatannya seperti apa…disajikan dalam gambar

kuliah di universitas mana mas?

saya di Unv. Muhammadiyah Yogyakarta

Kak, kalau mau mempertimbangkan beban jembatan dari stik yang bener presisi gimana ya ka ? mau lomba ni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Instagram

Menghabiskan petang bersama di @kedaiomgendut ,soda mintnya bikin seger... Bersama mamang beca kota Banjar, sunmor. Dempet2an maklum pant**nya sama2 lebar 😅😅 Pemandangan danau dan pura bedugul dari atas masjid besar bedugul. Disini udaranya dingin dan sering hujan, ibarat lembangnya bandung atau kaliurangnya sleman. #bedugul #bali #keren👍

Terimakasih atas kunjungannya ^^

arsipp

Juli 2011
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Blog Stats

  • 176,135 hits

jadwal sholat untuk daerah kasihan-bantul-YKT

Zifa Engineering Consultant

my workplace

pengunjung

free counters

peta

twitter

%d blogger menyukai ini: