fadlyfauzie's Blog

PEMADATAN TANAH

Posted on: November 25, 2010

PEMADATAN TANAH

(pengantar mekanika tanah)

Apa itu pemadatan tanah?

Pada kebanyakan pekerjaan teknik sipil seperti konstruksi embankment jalan raya, bendungan urugan, tanah fondasi, dan konstruksi lainnya sudah dipastikan perlu adanya pemadatan tanah agar tanah benar-benar kuat dan stabil terhadap beban struktur/ non struktur.

Teknik pemadatan merupakan cara perbaikan tanah yang relative mudah dan sederhana. Dengan pemadatan kuat geser tanah akan meningkat(improvement) sehingga meningkatkan kuat dukung fondasi.

Bagaimana prinsipnya?

Pada pemadatan tanah tanah semula akan diberi energy mekanis yang dinamis(berulang ulang) sehingga volume tanah berkurang yang kemudian nilai berat volume tanahnya bertambah. Pengurangan volume tanah terjadi karena volume udara termampatkan. Contoh yang banyak ditemui adalah  roler (stum) pada pekerjaan pemadatan tanah jalan.

Bentuk lain dari pengurangan volume tanah adalah dengan cara konsolidasi. Cara konsolidasi yaitu memberikan energy dengan beban yang diam dalam jangka waktu tertentu. Cara ini khusus untuk tanah-tanah kohesif.

Kurva pemadatan (bell shaped)

Derajat pemadatan suatu tanah diukur dalam berat volume kering. Pada saat pemadatan air berfungsi sebagai pelunak (softening agent). Pada mulanya saat kadar air 0% berat volume sama dengan berat volume kering. Jika kadar air bertambah maka berat volume akan bertambah pula, tapi pada batas tertentu (OMC dan MDD) apabila kadar air ditambah lagi berat volume akan menurun. Hal ini disebabkan apabila sudah padat diberi air lagi partikel tanah akan bergerak dan rongga akan diisi air. Untuk mengetahui berat volume kering maksimum, dilakukan uji lab proctot standar.

Faktor factor yang mempengaruhi?

  • Jenis tanah
  • Kadar air
  • Cara pemadatan
  • Energy pemadatan(frekuensi pemadatan)

Pemadatan tanah yang baik tidak hanya sekali akan tetapi biasanya 3 kali. Pada pemadatan tanah di lapangan spesifikasi adalah 90-95 % dari berat volume maksimum yang telah ditentukan pada uji proctor. Untuk mengetahui berat volume di lapangan perlu adanya pengujian, beberapa prosedur standar antara lain :

  • Metode Kerucut pasir ( sand cone)
  • Metode balon karet (rubber ballon)
  • Metode nuklir ( nuclear)

Kepadatan tanah relatif


7 Tanggapan to "PEMADATAN TANAH"

tolong donkz..ttg uji pemadatan standar proctor,,, tolong yah klw ada.. akan sangat membantu sekali..T,T

terima kasih, sangat membantu gan

silahkan kunjungi web kami http://www.peralatansipil.com untuk kebutuhan peralatan penelitian pemadatan tanah, terima kasih

sangat membantu postingan x bro,,🙂 tapi bsa nax ga bro?? kalo dalam pengujian pmdtan agregat B (yg berat) kan itu ada pembagian presentasi dari batu pecah n sirtu,, itu kenpa perbandingannya batu pecah 65 %, sirtu 35% ?? mhn d bls ya bro,,

membantu sekali, terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Instagram

Menghabiskan petang bersama di @kedaiomgendut ,soda mintnya bikin seger... Bersama mamang beca kota Banjar, sunmor. Dempet2an maklum pant**nya sama2 lebar 😅😅 Pemandangan danau dan pura bedugul dari atas masjid besar bedugul. Disini udaranya dingin dan sering hujan, ibarat lembangnya bandung atau kaliurangnya sleman. #bedugul #bali #keren👍

Terimakasih atas kunjungannya ^^

arsipp

November 2010
S S R K J S M
« Okt   Des »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Blog Stats

  • 176,135 hits

jadwal sholat untuk daerah kasihan-bantul-YKT

Zifa Engineering Consultant

my workplace

pengunjung

free counters

peta

twitter

%d blogger menyukai ini: