fadlyfauzie's Blog

Kenapa harus aku yang memimpin??

Posted on: Agustus 22, 2010

Kenapa harus memilih aku…?

Suatu hal yang membingungkan bagiku, ketika seseorang memberikan amanah untuk memimpin atau mengkoordinir sesuatu. Kok bisa mereka memilih aku. Ada apa dalam diriku?apa yang istimewa dariku? kalo pribadi menjawab: saya tidaklah istimewa, saya tidaklah cakap untuk menjadi seorang pemimpin. Akan tetapi terlepas dari itu, aku juga bersyukur ternyata masih banyak yang percaya kepadaku, dan memang mendapat kepercayaan tidaklah mudah. Lalu,apakah sebenarnya parameter yang membuat orang lain memberikan suatu kepercayaan atau dalam istilah Islam “amanah”, inilah yang membuatku selalu bertanya-tanya.

∫♦Kalo saya mengutip pendapat Pak Ruslan Abdulgani,seorang pemimpin harus memiliki kelebihan dalam 3 hal dari orang-orang yang dipimpinnya :
– Kelebihan dalam bidang ratio.
Artinya seseorang pemimpin harus memiliki pengetahuan tentang tujuan dan asas organisasi yang dipimpinnya. Memiliki pengetahuan tentang cara-cara untuk menjalankan organisasi secara efisien. Dan dapat memberikan keyakinan kepada orang-orang yang dipimpin ke arah berhasilnya tujuan.
– Kelebihan dalam bidang rohaniah.
Artinya seorang pemimpin harus memiliki sifat-sifat yang memancarkan keluhuran budi, ketinggian moral, dan kesederhanaan watak.
-Kelebihan dalam bidang lahiriah/jasmaniah.
Artinya dengan kelebihan ketahanan jasmaniah ini seorang pemimpin akan mampu memberikan contoh semangat dan prestasi kerja sehari-hari yang baik kepada orang-orang yang dipimpin.

∫♦Dan setelah melihat di blog referensi-kepemimpinan.blogspot.com , bekal minimal seorang pemimpin adalah :

-Berkharisma, harus menjadi teladan dan mempunyai kemampuan diatas rata-rata

Memiliki keberanian, berani berpendapat, berbicara, mengambil keputusan, mengambil resiko

-Mempunyai kemampuan mempengaruhi orang lain, berkomunikasi yang baik dengan yang dipimpin

-Mampu membuat strategi

-Memiliki moral yang tinggi

-Mampu menjadi mediator, dengan bersikap adil dan subyektif

-Memiliki rasa humor

Tidak mudah menjadi seorang pemimpin, dan tidak sembarangan orang untuk menjadi pemimpin. Pemimpin bukanlah masalah sepele, karena ini ada kaitannya dengan moral amanah, dan setiap amanah akan dimintai pertanggungjawaban. Dan Nabi pun memberikan pesan supaya jangan memberikan suatu amanah kepada yang bukan ahlinya, beliau mengatakan “tunggulah tibanya kehancuran”. Dan bila terjadi penghianatan atau kelalaian amanah maka syariat menggolongkannya pada golongan munafik.

Dan setiap kali diberi amanah, perasaan yang muncul adalah dilema. Di satu sisi ingin sekali menghargai atas kepercayaan dari mereka, ingin menunjukan yang terbaik dan memberi manfaat, akan tetapi kecenderungan tetap saja ingin menghindar. Pilihan menghindar ini bukan karena pengecut, tetapi lebih ke ketakutan terhadap tidak tertunaikannya amanah. Rasa takut ini cukup beralasan, karena saya merasa tidak cocok jadi pemimpin. Dan memang terbukti tiap kali memimpin saya tidak bisa maksimal. Mungkin bukan bakatku jadi pemimpin, terkecuali untuk memimpin istri dan anak kelak saya siap banget karena itu wajib.hehehe

Sering kuberfikir dengan positif, supaya ambil aja itu amanah toh nantinya buat pembelajaran dan pengalaman sendiri ini. Dan seperti yang telah disampaikan diatas, ternyata saya selalu gagal. Saya tidak punya bakat mumpuni untuk memimpin.

*kepada teman2,kakak2,guru2 dari zaman smp sampai sekarang, saya berterimakasih atas kepercayaan kalian. Sungguh menyenangkan menjadi orang yang dipercaya, tetapi maaf saya tidak bisa memberikan yang terbaik seperti perkiraan awal kalian*

2 Tanggapan to "Kenapa harus aku yang memimpin??"

du/dx(dipilih dari orang terpilih + terpilih dari orang yang dipilih) = leader

hati2 sama VMJ nya…🙂

au ah….

btw VMJ tuh apaan??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Instagram

Menghabiskan petang bersama di @kedaiomgendut ,soda mintnya bikin seger... Bersama mamang beca kota Banjar, sunmor. Dempet2an maklum pant**nya sama2 lebar 😅😅 Pemandangan danau dan pura bedugul dari atas masjid besar bedugul. Disini udaranya dingin dan sering hujan, ibarat lembangnya bandung atau kaliurangnya sleman. #bedugul #bali #keren👍 Latar di belakang merupakan wujud optimisme seorang arsitek/seniman dalam ketekunannya membuat patung bertahun2, ibarat seperti proyek mercusuar untuk membuat landmark baru pulau Bali. Ya, inilah [rencana] patung Garuda Wisnu Kencana didesain dengan tinggi 125 m (pedestal 50 m, patung 75 m). Digadang_gadang akan mengalahkan tingginya patung liberty. #GWK

Terimakasih atas kunjungannya ^^

arsipp

Agustus 2010
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Blog Stats

  • 175,576 hits

jadwal sholat untuk daerah kasihan-bantul-YKT

Zifa Engineering Consultant

my workplace

pengunjung

free counters

peta

twitter

%d blogger menyukai ini: