fadlyfauzie's Blog

Kodja Mimar Sinan, Arsitek Kebanggaan Kesultanan Turki Utsmani

Posted on: Juli 16, 2010


masjid Sulaiman atau Masjid Biru

Kodja Mimar Sinan adalah salah satu arsitek terbesar di zaman Dinasti Turki Utsmani (Ottoman). Dia merupakan arsitek kepala dan insinyur teknik sipil pada Kesultanan mulai dari 1538 hingga 1588 M. Dia mendedikasikan dirinya untuk membangun kota Istanbul di bawah empat era kepemimpinan sultan, yakni: Salim I, Sulaiman I, Salim II, dan Murad III.

Sinan terlahir pada 15 April 1489 M di sebuah kota bernama Agirnas (sekarang Mimarsinakoy) terletak di Anatolia – dekat Kayseri sebuah provinsi yang dikuasai Sultan Salim II. Saat lahir, dia menganut agama Kristen. Salah satu impian Sinan muda adalah bersekolah di Imperial Enderun College yang terdapat di Istana Topkapi.

Masji Sulaiman 3D #1

Namun, cita-citanya itu tak pernah kesampaian, karena Sinan tak diterima di sekolah itu. Semangat belajarnya yang begitu tinggi mengantarkannya ke Ibrahim Pasha School yang dikelola Grand Vizier Ibrahim Pasa. Kemungkinan, dia memeluk agama Islam dan mendapat nama Sinan saat studi di sekolah itu.

Awalnya dia menimba ilmu perkayuan dan matematika. Otaknya yang encer serta ambisinya yang besar membuatnya dipercaya sebagai asisten seorang arsitek terkemuka. Dari arsitek itulah, dia banyak menimba ilmu. Berbilang tiga tahun, dia telah menjadi seorang arsitek yang berbakat dan terampil. Pada saat yang bersamaan, Sinan mengikuti latihan wajib militer di Kesultanan Ustmani selama enam tahun.

Masjid Sulaiman 3D #2

Ketika Aelebi Latfi Pasha menjadi Grand Vizier pada 1539 M, Sinan diangkat menjadi arsitek di Istanbul. Inilah awal kariernya sebagai arsitek sebenarnya. Tugas utama yang harus diembannya adalah mengawasi pembangunan dan masuknya barang-barang di Kesultanan. Selain itu, Sinan juga bertanggung jawab untuk mendesain dan membangun sarana publik seperti, jalan, irigasi atau saluran air, dan jembatan. Kewenangannya semakin besar setelah diangkat menjadi ketua arsitek istana.

Di awal kariernya sebagai arsitek, Sinan banyak berhubungan dengan pembangunan arsitektur kubah tradisional. Dia lalu mulai bereksperimen dengan desain dan teknik struktur kubah tunggal dan banyak kubah. Sejak itu, Sinan juga mulai mengembangkan serangkaian kubah yang bervariasi.

Sinan tutup usia pada 17 Juli 1588 M. Setengah abad masa hidupnya diabdikan untuk dunia arsitektur Islam. Tak kurang, sebanyak 476 bangunan telah dibuatnya. Sebuah pencapaian yang begitu luar biasa. Meski karya-karyanya telah berumur hampir lima abad, namun tak kurang dari 196 bangunan yang dibangun dan disupervisinya masih tetap eksis hingga saat ini.

Masjid sulaiman 3D #3

Dari 476 bangunan yang dibangunnya itu terdiri dari, 94 bangunan masjid besar, 57 gedung sekolah, 52 bangunan masjid kecil, 48 tempat pemandian, 35 istana, 22 makam, 20 caravanserai, 17 dapur umum, delapan jembatan, delapan gudang penyimpanan, tujuh madrasah, enam pengatur air, dan tiga rumah sakit. Karyanya yang paling terkenal adalah Masjid Suleiman di Istanbul. Ada pula Masjid Selimiye di Edirne, dan Masjid Banya Bashi di Sofia, Bulgaria.

Kawasan Masjid Sulaiman dan Hagia Sophia

Hagia Sophia

Hagia Sophia 3D

Hagia Sophia 3D #2

Mesjid Suleiman berbeda dengan Hagia Sophia, memang sih dari bentuk agak mirip dan jaraknya pun berdekatan. Kedua bangunan ini sama-sama indah , menjadi saksi kejayaan dinasti Turki Utsmani. Dahulunya Hagia Sophia adalah gereja peninggalan bangsa Romawi Timur (Byzantium)  dibangun tahun 558 M dan di arsiteki oleh Anthemios dari Tralles dan Isidorus dari Miletus. Setelah Sutan Sulaiman II atau dikenal Sultan Muhammad al-Fatihn menaklukan konstantinopel/Istambul Hagia Sophia ini beralih fungsi menjadi Masjid dimana ada beberapa perubahan diantaranya ditambahkannya menara-menara tinggi menjulang untuk memberikan ciri khas arsitektur Islam, dan  kemudian di robah lagi menjadi museum tatkala kekhalifahan di diruntuhkan oleh revolusioner liberal Mustafa kemal Attaturk.

Setelah saya cek di Google Earth kedua bangunan ini sudah mengarah langsung ke Kiblat di Mekkah, padahal keduannya dibangun pada jaman baheula, berarti pinter2 orang sana tu khususnya ilmu falak. Sungguh ironis dengan Bangsa Indonesia ,sadar akan kiblat baru tahun2 ini….ckckckck

Duh rasanya pengen sekali berwisata kesana (setelah wisata ruhani ke Baitullah, heheh amin ya robb)  ^^

Sumber : Wikipedia Indonesia, Republika.co.id

1 Response to "Kodja Mimar Sinan, Arsitek Kebanggaan Kesultanan Turki Utsmani"

kapan yah islam mengalami kejayaan lagi seperti dahulu ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Instagram

Menghabiskan petang bersama di @kedaiomgendut ,soda mintnya bikin seger... Bersama mamang beca kota Banjar, sunmor. Dempet2an maklum pant**nya sama2 lebar 😅😅 Pemandangan danau dan pura bedugul dari atas masjid besar bedugul. Disini udaranya dingin dan sering hujan, ibarat lembangnya bandung atau kaliurangnya sleman. #bedugul #bali #keren👍

Terimakasih atas kunjungannya ^^

arsipp

Juli 2010
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Blog Stats

  • 176,135 hits

jadwal sholat untuk daerah kasihan-bantul-YKT

Zifa Engineering Consultant

my workplace

pengunjung

free counters

peta

twitter

%d blogger menyukai ini: