fadlyfauzie's Blog

Ternyata kuesioner itu tak mudah ^^

Posted on: Juni 8, 2010

Pengalamanku telah bertambah satu lagi. Yaitu pengalaman melakukan kuesioner langsung ke penduduk. Sungguh berharga sekali mengingat ini yang pertamakalinya aku harus mengunjungi dari rumah ke rumah. O..iya kuesionernya sendiri merupakan rangkaian survey pihak PUSPER UMY (Pusat Studi Pengelolaan Energi Regional) dan kebetulan yang aku dapat mengenai konsumsi BBM di masyarakat dan kecenderungan moda transportasi yang digunakan. Tapi anehnya lembaga penelitian energi kok merekrutsurveornya dari teknik sipil, pikirku yg paling cocok melakukan itu di UMY adalah teknik mesin. Beruntung memang mereka percaya pada kita anak2 sipil. Bukan saatnya lagi mempertimbangkan kapabilitas yang dimiliki, yang penting dimana ada kesempatan belajar dan menambah pengalaman tidak ada salahnya untuk masuk.

Aku ditugaskan untuk mencari responden sebanyak 30 di kecamatan Tempel , Sleman, teman2 yang lain jg sama mereka tersebar hampir di semua wilayah provinsi Yogyakarta. Awalnya aku menduga mencari 30 responden itu mudah sehari juga bisa ,ternyata TIDAK (relatif sih ,tergantung sikon sebenarnya). Aku harus tiga kali pulang pergi ke sana (maklum pertama kali, he). And the results (analisis saya) masyarakat tempel yg merupakan daerah perbatasan provinsi dengan demografi sebagian besar hidup sebagai petani salak dan pekerja pasar (karena dekat pasar) mereka sudah ketergantungan dengan moda transportasi sepeda motor, dan kcenderungan enggan menggunakan angkutan umum.

Tapi terlepas dari itu semua, senang juga ternyata melakukan kuesioner ke penduduk. Bisa tau kultur penduduk, bisa sharing dengan penduduk bahkan tidak sedikit penduduk malah mengobrol curhat dengan aku, sebenarnya kuesionernya sedikit tak memakan waktu lama, yang bikin lama ya itu ngobrol2nya.. cerita ini itu. Ya sebagai tamu aku mencoba menjadi pendengar yang baik, berusaha menyenangkan tuan rumah (karena iya kan manusia itu senang kalo omongannya di dengar,jd bs merasakan bahwa mereka eksis), sampe2 satu responden saja bisa memakan setengah jam.

Para penduduk telah menerima kedatanganku dengan respek, sehingga pembicaraan aku dengan penduduk juga tidak kaku dan canggung. Bagaimana tidak… setiap berkunjung suka disambut senyuman dan tak jarang tanya2 tentang diri saya.

Mungkin jd pelajaran berharga bagiku bila melakukan kunjungan ke penduduk, yaitu TERSENYUM (natural tapi) pasti penduduk merespon positif. Selain itu SOPAN ….Dengan selalu tersnyum dan bertindak sopan , maka kedatangan kita bukan lagi menjadi pengganggu melainkan sebagai tamu.

Semoga sja dosen2 dan peneliti di UMY atau dimanapun sering2 merekrut aku tuk kerja di lapangan, heheheh…..biarin biar tambah pengalaman…..dan makin eksis tentunya (lebay)

2 Tanggapan to "Ternyata kuesioner itu tak mudah ^^"

hoho
iyah asikh ya ly
ga gampang n harus siap pasang tampang super PD
wkwkwk

betul..betul..
asyik lah pokoe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Instagram

Menghabiskan petang bersama di @kedaiomgendut ,soda mintnya bikin seger... Bersama mamang beca kota Banjar, sunmor. Dempet2an maklum pant**nya sama2 lebar 😅😅 Pemandangan danau dan pura bedugul dari atas masjid besar bedugul. Disini udaranya dingin dan sering hujan, ibarat lembangnya bandung atau kaliurangnya sleman. #bedugul #bali #keren👍

Terimakasih atas kunjungannya ^^

arsipp

Juni 2010
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Blog Stats

  • 176,135 hits

jadwal sholat untuk daerah kasihan-bantul-YKT

Zifa Engineering Consultant

my workplace

pengunjung

free counters

peta

twitter

%d blogger menyukai ini: