fadlyfauzie's Blog

Setahun di UMY

Posted on: Mei 21, 2010

Pada hari ini aku hampir setahun sudah di UMY yg ceritanya sih lagi menuntut ilmu. Walaupun belum pas setahun sih, malahan sekarang tu lagi pekan UAS sebenarnya, tapi perasaan tu tetep aja ga nyangka..”ternyata aku kuliah disini udh setahun, padahal perasaan baru sja kemaren keluar dari SMAN 1 Banjar“. Beragam cerita mengiringi aku disini, banyak teman baru yang sama-sama sebagai anak rantau, dengan berbagai karakter berbeda. But,no matter lah…ga beda2 amat sih sma watu SMA ,perasaan semua masih merasa seperti anak muda yang penuh rasa penasaran.

UMY mungkin alternatif terbaik bagiku stlh gagal di universitas2 negeri (padahal cuma daftar 1,hihi ). Sungguh parah aku ini disaat teman-teman sibuk daftar sana daftar sini mencari perguruan tinggi, TO lah, UM lah,aku malah santai-santai sja. Bila dihitung2 usaha sya bwt masuk PT cuma 3 kali usaha, 1 bener2 usha dan 2 usaha yg pasif semuanya bertempat di Yogyakarto. Yang usaha bener2 tu cm bwt ikut um ugm doang n lainnya pts cm lewat pmdk via pos. Alhasil udah tau lah namanya ugm sulit bgt sepinter2nya org klo g beruntung ato ga beruang mh udh pasti “anda kurang beruntung”. tp yang kedua usha lainnya alhamdulillah berhasil lolos. Lega deh akhirnya perasaan udh punya pegangan, yang tadinya luntang-lantung belum keterima dimana-mana. Meskipun cukup dramatis….aku mendaftar di kedua pt itu smuanya di gelombang terakhir dengan deadline yg sangat dekat….hmmmh dasar kau fad..fad!

Dan selanjutnya dihadapkan pd pilihan, pilih UII,UMY,atau ikut SNMPTN buat ngejar ugm? lg? dan setelah berfikir panjang,dengan analisis kualitatif n kuantitatif hehe…, dengan mempertimbangkan banyak faktor. Saya mencoret UII n usaha SNMPTN ,alasan saya cenderung pada ekonomi dan kekondusifan kampus.

Udah itu berangkatlah Fadly dengan sejuta harapan ke kota gudeg, harapan untuk bertambah keilmuan dan pengalaman. Jogja I’m coming!!!!!!

Terhitung aku mulai tinggal di Jogja ketika sebelum perayaan hari kemerdekaan RI. Saat itulah aku mulai beradaptasi dengan bahasa jawa yang gak dimengerti, jalan2 gak jelas naik motor keliling Jogja,udh itu nyasar …salah jalan…panas lagi,polusi…Lengkap deh jogja

Udah beberapa lama..bla…bla…bla…akhirnya aku mulai masuk dunia kampus. Seperti biasa layaknya SMP n SMA aku  menjalani perkuliahan n tek..tek..bengeknya dengan sikap cool …polos yang disengaja tp natural,ya memang begitulah aku….

Pembelajaran di kuliahan dengan pembelajaran waktu di SMA sungguh berbeda, aku dituntut beradaptasi lagi……aku yang udah terbiasa dengan teacher center learning tiba2 harus student center learning, kaget lah aku!! hehe(maklum jarang belajar di rumah,hehe…..cm ngandalin di kelas) parah!!

alhasil kembali……hasil semester perdanaku jelek. ya udh deh aku gak ambil pusing ,positive thingking aza, mungkin karena semester awal. Tapi difikir2 pusing juga………….

Aku kuliah di universitas swasta, akreditasi B lagi…..aku harus berusaha sebaik mungkin dalam indeks prestasi, agar bisa bersaing di pasar job. Udah tau kan antara negeri dan swasta ada dikotomi sehingga agak sdikit diskriminatif.

Dari segi organisasi, masuk kuliah malah makin parah…Dulu perasaan ikut Rohis di SMA begitu loyalnya n merasa memiliki banget, dan sekarang diberi amanah organisasi d kampus malah terbengkalai,Astagfirulloh aku tidak ingin menjadi orang munafik…Belum bisa menyeimbangkan waktu, yaitu waktu untuk kuliah,organisasi, dan personal.

Di awal perkuliahan sempat terpikir….kok teknik sipil UMY gini amat ya terkesan pragmatis perkuliahannya hanya sepotong-spotong cuma mengambil yg dianggap penting sja di kemudian hari. Trus lagi dosen tidak sedikit yang jarang masuk (maklum semester pertama tu aku lagi menggebu-gebu kuliah, ah lebay). Tapi lambat laun aku mulai mengerti cara pandang/fikir dari ketua jurusan teknik sipil UMY, meskipun agak sidikit melabrak aturan baku jurusan(katanya) tapi itu semata untuk kebaikan mahasiswanya menurutku.

Memasuki semester 2, perasaan ko singkat banget….ternyata eh ternyata jadwal perkuliahan dimajukan karena ada persiapan buat muktamar muhamadiyah bertempat di kampus UMY. Sungguh berat atau cuma perasaan yang terdramatisir saja dimana kami harus mengikuti kuliah plus praktikum yg lumayan menyita waktu (kalo gak serius itu jg,kayak diriku mungkin,he), sehingga hampir dalam satu minggu harus pergi pagi pulang sore. Tapi ga apa-apa deh dari pada ga punya kerjaan mending menyibukan diri….Enjoy lah!

Begitu juga hubungannya dengan kampus UMY secara umum. Difikir-fikir aku ini kuliah di universitas yang besar , kebanggaan masyarakat muhammadiyah, paling terpadu di jogja, gedung-gedungnya mantap dan terus bertambah dari waktu ke waktu, masjidnya, tamannya, masyarakatnya, pegawainya yang ramah.

Yang pada akhirnya rasa pesimis mulai terkikis tergantikan rasa optimis , aku mulai percaya dengan teknik sipil UMY bahwa akan bisa mengantarku menjadi insan engineer yang berguna berintelektual dan bermoral,amin

4 Tanggapan to "Setahun di UMY"

Sy alumni teknik sipil UMY angkatan 2000…bangga bisa jadi almamater UMY…UMY gak kalah koq sama kampus yang di jalan Kaliurang KM 14,5…walo UMY masih belum se-Senior kampus itu…TAPI prestasi bisa di sejajarkan dengan kampus yang di Jakal KM 14,5…salam dari Sy di FTSP Universitas Bung Hatta Padang SUMBAR

Sepakat! , pak Eko🙂
terimakasih kunjungan blog nya

mas mau nanya nih, teknik sipil di UMY ngapain aja yaa?

Sama kyk teknik sipil umumnya kampus2 lain… ada kuliah dan praktikum, kerja praktek, kuliah lapangan ,organisasi himpunan dll. Yg smuanya mendukung agar semakin faham ttg teknik sipil.

Tinggalkan Balasan

My Instagram

Menghabiskan petang bersama di @kedaiomgendut ,soda mintnya bikin seger... Bersama mamang beca kota Banjar, sunmor. Dempet2an maklum pant**nya sama2 lebar 😅😅 Pemandangan danau dan pura bedugul dari atas masjid besar bedugul. Disini udaranya dingin dan sering hujan, ibarat lembangnya bandung atau kaliurangnya sleman. #bedugul #bali #keren👍

Terimakasih atas kunjungannya ^^

arsipp

Mei 2010
S S R K J S M
    Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Blog Stats

  • 176,135 hits

jadwal sholat untuk daerah kasihan-bantul-YKT

Zifa Engineering Consultant

my workplace

pengunjung

free counters

peta

twitter

