Fadlyfauzie's Blog

REKAYASA LALU LINTAS

Posted on: December 5, 2010

REKAYASA LALU LINTAS

 

Dunia lalu-lintas semakin kesini semakin kompleks saja,sehingga tak jarang memunculkan masalah baru dari berbagai sudut pandang. Maka dalam merencanakan sistem lalu lintas perlu untuk dikaji dampak-dampaknya yang mungkin akan terjadi di kemudian hari. Misalnya suatu ruas jalan pada saat sekarang terbilang lancar(tidak macet), akan tetapi tempat ini termasuk ramai,pertumbuhan ekonomi cepat, jumlah penduduk tinggi,  lebar jalan masih kecil, dan ruang bahu jalan tidak jelas disebabkan hal tertentu. Dari sini diperlukan analisis jangka panjang,bagaimanakah dampak lalu lintas dimasa yang akan datang ?bisa saja setelah diestimasi, 10 tahun yang akan datang lalu lintas yang melewati jalan ini sudah jenuh alias macet, sehingga diperlukan pelebaran jalan, penertiban jalan atau apalah. Nah disini diperlukan adanya rekayasa lalulintas yang merencanakan agar bagaimana caranya suatu jalan bisa terus mengakomodir kendaraan yang lewat dengan aman dan nyaman.

Salah satu langkah awal dari rekayasa lalu lintas adalah menghitung volume kendaraan,kapasitas ruang jalan dan kejenuhan jalan

MENGHITUNG VOLUME KENDARAAN

Dikenal beberapa istilah mengenai volume kendaraan :

  • PHV : Peak Hour Volume yaitu volume jam puncak yang tersusun dari volume 15 menitan tersibuk berurutan selama 1 jam.
  • PHF : Peak Hour Factor yaitu faktor jam puncak yang diperoleh dari ,PHV dibagi dg 4x volume maks pada volume 15 menitan di PHV
  • LHR : Lalu lintas harian rata-rata selama 24 jam
  • AADT : Annual average daily traffic yaitu LHR yang pengukurannya minimal 365 hari( 1 tahun)
  • ADT : Average daily traffic . Yaitu LHR yang pengukurannya kurang dari satu tahun

 

Metode pengumpulan data (yang sering dilakukan ):

  • Pengamatan  dilakukan dengan interval waktu 15 menit
  • Pengamatan dilakukan 2 arah
  • jenis kendaraan dikelompokan semakin rinci (LV=light vehicle, HV=heavy vehicle, MC=motorcycle, UM=unmotorizhed)
  • Lama pengamatan : 2 jam (minimal), 16 jam, 24 jam, 48 jam.

contoh :

Waktu Volume ( kendaraan )
06.00-06.15 400
06.15-06.30 450
06.30-06.45 550
06.45-07.00 600
07.00-07.15 625
07.15-07.30 525
07.30-07.45 475
07.45-08.00 575
Ditanyakan : PHV, PHF, LHR(jika PHV=10% LHR) ???
Jawab:
-PHV = Σ V =550+600+625+525 = 2300 kendaraan/jam
-PHF = PHV/(4 x Vmaks) = 2300/(4 x 625) =2300/2500 =0.92
-LHR = 2300/10% =23000 kendaraan/hari
KAPASITAS RUANG JALAN
Kapasitas ruang kalan dibedakan menurut lokasinya yaitu:
  1. Simpang bersinyal
  2. Simpang tak bersinyal
  3. Jalinan
  4. Jalan perkotaan
  5. Jalan Luar kota
  6. Jalan bebas hambatan
Diantara 6 lokasi diatas, yang paling mudah analisis mungkin yang jalan perkotaan(menurutku), karena cuma butuh minimal 2 orang saja untuk survey. Jadi Saya akan sedikit membahas Kapasitas ruas jalan perkotaan.
KAPASITAS RUAS JALAN PERKOTAAN
Rumus :

C = Cο x FCw x FCsp x FCsf x FCcs

dengan,
C = kapasitas jalan sesungguhnya (smp*/jam)
C0 = kapasitas dasar/ideal berdasarkan kondisi geometri, polaarus lalu-lintas, dan faktor lingkungan (smp/jam)
FCw =Faktor penyesuaian lebar jalur
FCsp =Faktor penyesuaian untuk kapasitas dasarakibat pemisahan arah lalu-lintas (hanya jalan duaarah tak terbagi).
FCsf = Faktor penyesuaian hambatan samping
FCcs = Faktor penyesuaian akibat ukuran kota
(untuk faktor2 bisa dilihat di tabel buku MKJI 1997)
*smp (satuan mobil penumpang)adalah satuan untuk arus lalulintas dimana berbagai arus lalulintas(kendaraan) dikonversi kedalam arus kendaraan ringan termasuk mobil penumpang dan sasis sejenis dengan menggunakan *emp.
*emp (ekivalensi mobil penumpang) yaitu sebagai pembanding konversi kebentuk emp, dengan acuan mobil penumpang bernila 1 smp
About these ads

12 Responses to "REKAYASA LALU LINTAS"

halo mas fadly, artikelnya bgs banget mas, btw punya data LHR kalimantan selatan mas? kalo punya, boleh dunk minta :)

hallo jg mas amsa…mksh sblmnya meskipun ini cuma artikel sdrhna…
untuk data LHR Kalsel sy gak punya, coba2 aja browsing balitbang pu/dephub :D

#maaf akhu mw tny, misl saya mw survey lalin selama 4 jam pd jam-jam saat jm puncak maka analisisnya pake yg mn PHF/PHF/yg mn?
# klo survey plat nomor kendaraan buat ngetahui pergerakan kendaraan berat pada lajur jalan sebelah mana! itu biasa disebut apa!
* mksh akhu….!

#coba jawab ya: meskipun lamanya 4 jam, tetap yang diambil adl 1 jam tersibuk. Jd kata org yg berpengalaman, pengambilan sampel tu gak ush lama2 coz lama sibuk +/- 2 jam-an. berarti PHV
#Sepengalamanku, survey asal dan tujuan (origin-destination) dilakukan pada kedua lajur. yg mau masuk dan mau keluar. Biasanya bertempat di perbatasan kabupaten. Dan biar lebih valid dilakukan road side interview(wawancara pinggir jalan dg menyetop kendaraan–dan ditarik beberapa data sampel)

aSSALAMU’alaikum
he he :D, iseng2 cari bahan bacaan reklantas, malah nemu blog ini
thnkz dah berbagi ilmu :)

Wa’alaikumussalam :-D
smg bermanfaat meskipun sedikit sekali

wah bagus ne artikelnya mas, pas bnget ma tgas akhir yg sdang q tlis,,bleh mnta bntuannya ga mas, bku2 referensi ttg transportasi agak ssh di daerah q, mas bsa bntu saya ga mas :)?

:-)
btw tugas akhirnya tentang apa?, ada banyak buku ttg transportasi…tp kebetulan sy gak punya,hehe
sy domisili jogja…

assalamualaikum…. saya mw tanya, cara menghitung kapasitas ruas jalan (smp/jam)? ada gk soal dan jawaban dari pertannyaan saya? saya tunggu jawabannya trimakasih

wa’alaikumussalam, saya gak punya soal n jawaban, pernah sih diberi contoh soal di kuliah. Namun kalo cara2nya ada lengkap di MKJI 1997 searching aja nanti ada versi pdf-nya

mas ada ga soal2 tentang LHR

ga ada e, kertas2 kuliahnya udh tak buang,hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terimakasih atas kunjungannya ^^

Kasih komen ya....,kalo ngga

arsipp

December 2010
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

ngobrolll

Blog Stats

  • 81,914 hits

jadwal sholat untuk daerah kasihan-bantul-YKT

badges

Btn_wht_122x44
Kajian.Net

pengunjung

free counters

peta

twitter

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,697 other followers

%d bloggers like this: